Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kepribadian Marxian Menurut Erich Fromm Bagian 2

Sabtu, 16 Agustus 2014 | 05:40 WIB Last Updated 2014-08-15T22:59:55Z

MEKANISME MELARIKAN DIRI DARI KEBEBASAN
Fromm: orang yang mentalnya sehat adalah yang mampu bekerja produktif sesuai dengan tuntutan lingkungan sosialnya, sekaligus mampu berpartisipasi dalam kehidupan social yang penuh cinta. Menurutnya normalitas adalah keadaan optimal dari pertumbuhan (kemandirian) dan kebahagiaan (kebersamaan) dari individu.
            Dua cara untuk memperoleh makna dan kebersamaan dalam kehidupan.
1.      Mencapai kebebasan positif, berusaha menyatu dengan orang lain tanpa mengorbankan kebeban dan integritas pribadi.
2. Memperoleh rasa aman dengan meninggalkan kebebasan dan menyerahkan bulat-bulat individualitas dan integritas diri kepada sesuatu yang dapat memberi rasa aman. Tiga mekanisme pelarian:

*      Otoritarianisme (autboritarianism)
Kecenderungan untuk menyerahkan kemandirian diri dan menggabungkannya dengan seseorang atau sesuatu diluar dirinya, untuk memperoleh kekuatan yang dirasakan tidak dimilikinya. Masokisme merupakan bentuk tersembunyi dari perjuangan memperoleh cinta dan kesetiaan, tetapi tidak memberi sumbangan positif kekemandirian. Ada tiga jenis sadism yang saling berkaitan. Sadism merupakan bentuk neorotik yang lebih parah dan lebih berbahaya dibanding masokisme.
*      Perusakan (destructiveness)
Destruktif mencari kekuatan tidak melalui membangun hubungan dengan pihak luar, tetapi melalui usaha membalas/merusak kekuatan orang lain. Psikoneurosis dan bunuh diri adalah strategi pelarian dari ketakutan menjadi manusia bebas.
*      Penyesuaian (conformity)
Konformis tidak pernah mengekspresikan opini dirinya, menyerahkan diri kepada standar tingkahlaku yang diharapkan, dan sering tampil diam dan mekanis. Orang hanya dapat memecah lingkaran penyesuaian dengan ketakberdayaan ini kalau bisa mencapai realisasi-diri atau kebebasan yang positif.

TRIPOLOGI SOSIAL
KARAKTER SOSIAL
Fromm: karakter manusia berkembang berdasarkan kebutuhan mengganti insting kebinatangan yang hilang ketika mereka berkembang tahap demi tahap. Karakter, tidak berubah lintas waktu, membuat manusia mampu berfungsi di dunia yang terus menerus memberi stimulus tanpa harus berhenti memikirkan apa yang harus dikerjakan.
Fromm: karakter berkembang dan dibentuk oleh “social arrangements”.Fromm membedakan 2 karakter social dalam pasangan, productiveness dan nonproductiveness.

KARAKTER DAN MASYARAKAT
Orientasi market adalah produk masyarakat dewasa ini yang peluang interprenernya dikurangi, dan orang harus menyesuaikan diri ke dalam organisasi yang besar dan memerankan peran yang dikehendaki organisasi. Masyarakat membentuk karakter pribadi melalui orangtua dan pendidik yang membuatanak bersedia bertingkahlaku seperti yang dikehendaki masyarakat. Fromm: tidak semua kebutuhan manusia harus dipuaskan; jika saja jumlah materi yang dapat dimiliki hanya sedikit dan insentif untuk mendapatkannya juga sedikit, mungkin akan bebas untuk memuaskan dirinya secara lebih kreatif.


APLIKASI
SOSIALISME KOMUNITARIAH HUMANISTIK
(HUMANISTIC COMMUNITARIAN SOCIALISM)
Empat proposisi Fromm mengenai hubungan seseorang dengan masyarakat:
1.      Manusia mempunyai kodrat esensial social bawaan
2.      Masyarakat diciptakan manusia untuk memenuhi kodrat esensial bawaan ini
3.      Tidak satupun bentuk masyarakat yang pernah diciptakan manusia berhasil memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar eksistensi manusia
4.      Adalah mungkin menciptakan masyarakat semacam ini
Masyarakat yang disarankan Fromm adalah humanistic communitarian socialism. Dalam masyarakat semacam itu orang mencapai perasaan diri dan mampu berbuat kreatif ali-alih destruktif. Ada “humanistic management” (sistem yang mirip dengan temu kota di New England). Ide Fromm mungkin bagus tetapi banyak yang tidak dapat dilaksanakan.

KARAKTER MASYARAKAT
1957, Fromm melakukan penelitian di sebuah desa di Meksiko mengenai karakter masyarakat. Ada dua kesimpulan penting.
a.       Ternyata masyarakat memiliki tiga jenis karakter
1.      Productive-boarding
2.      Nonproductive-receptive
3.      Productive-exploitative
b.      Karakter pribadi dan karakter social berhubungan timbale balik. Karakter pribadi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh struktur social dan perubahan-perubahan social.

PSIKOTERAPI: PSIKOANALISIS HUMANISTIK
Fromm mengembangkan sistem terapi sendiri, (psikoanalisis humanistic). Menurutnya tujuan klien dalam terapi adalah memahami diri sendiri dan mencari kepuasan dari kebutuhan dasar kemanusiaannya, karena itu terapi harus dibangun melalui hubungan pribadi antara terapis dengan kliennya. Menurutnya terapis tidak seharusnya terlalu ilmiah dalam memahami kliennya. Hanya dengan sikap keterhubungan orang lain dapat benar-benar dimengerti. Klien hendaknya tidak dilihat sebagai orang sakit, tetapi diterima sebagai manusia dengan kebutuhan-kebutuhannya yang tidak berbeda dengan kebutuhan terapis.

EVALUASI
Inti dari semua tulisan Fromm adalah mengungkap hakekat manusia. Pendekatan Fromm pada kepribadian mempunyai perspektif dan proposisi yang luas. Menyerap informasi dari disiplin lain. Baginya psikologi bukan saja ilmu yang aplikatif pada semua ranah kemanusiaan, tetapi sebagai ilmu psikologi juga memasukkan semua fikiran yang berkenaan dengan kemanusiaan.

Data penelitian Meksiko muncul sesudah teori dikembangkan, bukan sebelumnya. Teori Fromm yang dikembangkan melalui filsafat dualistic akhirnya disikapi secara dualistic. Tahun 1950-an orang belum dianggap ilmuwan kalau belum membaca Escape From Freedom. Selama 30 tahun terakhir dalam literature psikologi, hanya ada enam penelitian yang dimaksudkan menguji asumsi-asumsi dalam teori Fromm.

Bagian Sebelumnya =>
×
Artikel Terbaru Update