1.
CRITICAL INCIDFENT (PENGALAMAN PENTING)
Metode ini digunakan saat
pembelajaran akan dimulai. Tujuan mengaktifkan siswa sejak awal dengan
menggunakan pengalamannya. Metode ini sangat tepat pada materi yang praktis, misal guru akan mengajarkan tata cara sholat.
Langkah-langkah pembelajara nya sbb:
a.
Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan
b.
Guru meminta siswa mengingat pengalaman yang berhubungan dengan materi yang
akan disampaikan
c.
Guru menghubungkan pengalaman siswa dengan materi ajar
2.
EXAMPLES NON EXAMPLES
CONTOH DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YG RELEVAN DENGAN KD
LANGKAH-LANGKAH:
a.
GURU MEMPERSIAPKAN GAMBAR-GAMBAR SESUAI DENGAN
PEMBELAJARAN
b.
GURU MENEMPELKAN GAMBAR DI PAPAN ATAU DITAYANGKAN/
LCD.
c.
GURU MEMBERI PETUNJUK DAN MEMBERI KESEMPATAN PADA
SISWA UNTUK MEMPERHATIKAN /MENGANALISA GAMBAR
d.
MELALUI DISKUSI KELOMPOK 2-3 ORG SISWA, HASIL
DISKUSI DARI ANALISA GAMBAR TERSEBUT DICATAT PADA KERTAS
e.
TIAP KELOMPOK DIBERI KESEMPATAN MEMBACAKAN HASIL
DISKUSINYA
f.
MULAI DARI KOMENTAR/HASIL DISKUSI SISWA, GURU
MULAI MENJELASKAN MATERI SESUAI TUJUAN YANG INGIN DICAPAI
g.
KESIMPULAN
3.
PICTURE AND
PICTURE
Langkah-langkahnya:
a.
GURU MENYAMPAIKAN KOMPETENSI YG AKAN DICAPAI
b.
MENYAJIKAN MATERI SEBAGAI PENGANTAR
c.
GURU MENYAJIKAN/MENUNJUKKAN
GAMBAR-GAMBAR KEGIATAN BERKAITAN MATERI
d.
GURU MENUNJUK/MEMANGGIL SECARA BERGANTIAN
MEMASANG/MENGURUTKAN GAMBAR-GAMBAR SECARA
LOGIS
e.
GURU MENANYAKAN ALASAN URUTAN GAMBAR TSB.
f.
DARI ALASAN / URUTAN GAMBAR GURU MENANAMKAN KONSEP/MATERI SESUAI DENGAN
KOMPETENSI YG INGIN DICAPAI
g.
KESIMPULAN
4.
COOPERATIVE
SCRIPT= SKRIP KOOPERATIF
MERUPAKAN METODE DI MANA SISWA BEKERJA
BERPASANGAN DAN BERGANTIAN SECARA LISAN MENGIHTISARKAN, BAGIAN-BAGIAN DARI
MATERI YANG DIPELAJARI
LANGKAH-LANGKAH:
a.
GURU MEMBAGI SISWA BERPASANGAN
b. GURU MEMBAGIKAN WACANA/MATERI TIAP SISWA
UNTUK DIBACA DAN MEMBUAT RINGKASAN
c. GURU DAN SISWA MENETAPKAN SIAPA YANG PERTAMA
BERPERAN SEBAGAI PEMBICARA DAN SIAPA YANG BERPERAN SEBAGI PENDENGAR
d. PEMICARA MEMBACAKAN RINGKASANYA SECARA
LENGKAP, DENGAN MEMASUKKAN IDE POKOK DALAM RINGKASANYA, SEDANGKAN PENDENGAR:
MENYIMAK, MENGOREK, MENUNJUKKAN IDE YANG MASIH KURANG, MEMBANTU MENGINGATKAN
IDE-IDE POKOK DENGAN MENGHUBUNGKAN MATERI SEBELUMNYA ATAU MATERI LAINYA
e. BERTUKAR PERAN
f.
KESIMPULAN BERSAMA SISWA
5.
KEPALA
BERNOMOR STRUKTUR
Langkah-Langkah
Pembelajaran:
a.
siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap siswa dalam setiap
kelompok mendapat nomor
b.
penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomor thd tugas
yang berangkai, misal: siswa nomor satu bertugas mencatat soal, siswa nomor dua
mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan, dst.
c.
bila perlu, guru dapat menyuruh kerjasama antar kelompok. Siswa
diminta keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor
sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini, siswa dalam tugas yg sama saling
membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka.
d.
laporkan hasil dan
tanggapan dari kelompok lain
e.
kesimpulan
6.
STAD
(STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVIONS)= TIM KELOMPOK PRESTASI
Langkah-langkah:
a.
Membentuk
kelompok yg beranggota 4 secara heterogen, prestasi, jenis kelamin, dll
b.
Guru
menyajikan pelajaran
c.
Guru memberi
tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh angota-anggota kelompok. Anggota
yang telah mengerti dapat menjelaskan kepada yg lain sampai seleuruh anggota
kelompok tsb mengerti
d.
Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada
saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
e.
Memberi evaluasi
f.
Kesimpulan
7.
JIGSAW(MODEL
(TIM AHLI)
Langkah-langkah:
a.
Siswa
dikelompokkan kedalam 4 anggota tim
b.
Tiap siswa dalam tim diberikan materi yang berbeda
c.
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yg
ditugaskan
d.
anggota dari tim yang berbeda yg telah mempelajari bagian/sub sub yang
bertemu dalam kelompok baru(kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
e.
setelah diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan
bergantian mengajar teman satu tim mereka ttg sub bab yang mereka kuasai dan
tiap anggota lainya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
f.
tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
g.
guru memberi evaluasi
h.
penutup
8.
PROLEM
BASED INTRODUCTION (PBI)
Langkah-langkah:
a.
GURU
MENJELASKAN KOMPETENSI YG INGIN DICAPAI DAN MENYEBUTKAN SARANA ATAU ALAT
PENDUKUNG YANG DIBUTUHKAN. MEMOTIVASI SISWA UNTUK TERLIBAT DALAM AKTIFITAS
PEMECAHAN MASALAH YANG DIPILIH
b.
GURU
MEMBANTU SISWA MENDEFINISIKAN DAN MENGORGANIASIKAN TUGAS BELAJAR YG BERHUBUNGAN
DENGAN MASALAH TSB(MENETAPKAN TOPIK, TUGAS DAN JADWAL, DLL)
c.
GURU
MENDORONG SISWA UNTUK MENGUMPULKAN INFORMASI YG SESUAI EKSPREIMEN UNTUK
MENDAPATKAN PENJELASAN DAN MASALAH,
PENGUMPULAN DATA, HIPOTESIS, DAN PEMECAHAN MASALAH
9.
ARTIKULASI
LANGKAH-LANGKAH:
a.
GURU MENYAMPAIKAN KOMPETENSI YG INGIN DICAPAI
b.
GURU MENYAMPAIKAN MATERI
c.
UNTUK MENGETAHUI DAYA SERAP, DIBENTUK KELOMPOK BERPASANGAN DUA ORANG
d.
MENUGASKAN SALAH SATU SISWA DARI PASANGAN ITU MENCERITAKAN MATERI YG BARU
DITERIMA DARI GURU DAN PASANGANYA MENDENGARKAN SAMBIL MEMBUAT CATATAN-CATATAN
KECIL, KEMUDIAN BERGANTI PERAN, BEGITU JUGA KELOMPOK LAINYA
e.
MENUGASKAN SISWA SECARA BERGILIRAN/DIACAK MENYAMPAIKAN HASIL WAWANCARANYA
DENGAN TEMAN PASANGANYA, SAMPAI SEBAGIAN SISWA SUDAH MENYAMPAIKAN HASIL
WAWANCARANYA
f.
GURU MENGULANGI/MENJELASKAN MATERI YG SEKIRANYA BELUM DIPAHAMI SISWA
g.
KESIMPULAN
10.
MAKE- A
MATCH (MENCARI PASANGAN)
LANGKAH-LANGKAH:
a.
GURU
MENYIAPKAN BEBERAPA KARTU YG BERISI BEBERAPA KONSEP ATAU TOPIK YG COCOK UNTUK
SESI REVIW, SEBALIKNYA SATU BAGIAN KARTU SOAL DAN BAGIAN KARTU LAINYA JAWABNNYA
b.
SETIAP SISWA MENDAPATKAN SATU BUAH KARTU
c.
TIAP SISWA MEMIKIRKAN JAWABAN/SOAL DARI KARTU YG DIPEGANG
d.
SETIAP SISWA MENCARI PASANGAN YG MEMPUNYAI KARTU YANG COCOK DENGAN KARTUNYA
(SOAL JAWABAN)
e.
SETIAP SISWA YG DAPAT MENCOCOKKAN KARTUNYA SEBELUM BATAS WAKTUNYA DIBERI
POINT
f.
SETELAH SATU BABAK KARTU DIKOCOK LAGI AGAR SETIAP SISWA MENDAPAT KARTU YANG
BERBEDA DARI SEBELUMNYA, DST
g.
KESIMPULAN
11.
THINK PAIR
AND SHARE
LANGKAH-LANGKAH:
a.
GURU MENYAMPAIKAN INTI MATERI DAN KOMPETENSI YG INGIN DICAPAI
b.
SISWA DIMINTA UNTUK BERFIKIR TTG MATERI/PERMASALAHAN YG DISAMPAIKAN GURU
c.
SISWA DIMINTA BERPASANGAN DENGAN SEBELAHNYA DAN MENGUTARAKAN HASIL
PEMIKIRANYA MASING-MASING
d.
GURU MEMPIMPIN PLENO KECIL DISKUSI, TIAP KELOMPOK MENGEMUKAKAN HASIL
DISKUSINYA
e.
BERAWAL DARI KEGIATAN TSB, GURU MENGARAHKAN PEMBICARAAN PADA POKOK
PERMASALAHAN DAN MENAMBAH MATERI YG BELUM DIUANGKAPKAN PARA SISWA
f.
GURU MEMBERI KESIMPULAN
12.
DEBAT
LANGKAH-LANGKAHNYA:
a.
GURU
MEMBAGI 2 KELOMPOK PESERTA DEBAT YG SATU PRO DAN LAIN KONTRA
b.
GURU
MEMBERI TUGAS MEMBACA MATERI YG AKAN DIDEBATKAN OLEH KEDUA KELOMPK TSB
c.
SETELAH
MEMBACA MATERI, GURU MENUNJUK SALAH SATU ANGGOTA KELOMPOK PRO UNTUK BERBICARA,
KEMUDIAN DITANGGAPI OLEH POK KONTRA. DST SAMPAI SEBAGIAN BESAR MENGEMUKAKAN
PENDAPATNYA
d.
SEMENTARA
SISWA MENYAMPAIKAN GAGASANNYA, GURU MENULIS INTI/IDE SETIAP PEMBICARAAN SAMPAI
MENDAPATKAN SEJUMLAH IDE
e.
GURU MENAMBAHKAN
IDE/GAGASAN YG BELUM LENGKAP
f.
DARI DATA
YG DIUNGKAP TSB, GURU MENGAJAK SISWA MEMBUAT KESIMPULAN SESUAI TOPIK.
13.
ROLE
PLAYING
LANGKAH-LANGKAHNYA:
a.
GURU MENYUSUN SKENARIO YG AKAN DITAMPILKAN
b.
MENUNJUK BEBERAPA SISWA UNTUK PELAJARI SKENARIO BEBERAPA WAKTU SEBELUM KBM
c.
GURU MEMBENTUK KELOMPOK YANG ANGGOTANYA 5 ORANG
d.
MEMBERIKAN KOMPETENSI YG INGIN DICAPAI
e.
MEMANGGIL PARA SISWA YG SUDAH DITUNJUK UNTUK MELAKONKAN SKENARIO YG SUDAH
DISIAPKAN
f.
MASING-MASING SISWA BERADA DIKELOMPOKNYA SAMBIL MENGAMATI SKENARIO YG SEDANG
DIPERAGAKAN
g.
SETELAH SELESAI DITAMPILKAN, MASING-MASING SISWA DIBERIKAN LEMBAR KERJA
UNTUK MEMBAHAS PENAMPILAN MASING-MASING KELOMPOK
h.
MASING-MASING KELOMPOK MENYAMPAIKAN KESIMPULANYA
i.
GURU MEMBERIKAN KESIMPULAN SECARA UMUM
j.
EVALUASI
k.
PENUTUP
14.
GROUP INVESTIGATION
LANGKAH-LANGKAHNYHA:
a.
GURU
MEMBAGI KELOMPOK MENJADI BEBERAPA KELOMPOK HETEROGEN
b.
GURU MENJELASKAN MAKSUD PEMBELAJARAN DAN TUGAS KELOMPOK
c.
GURU MEMANGGIL KETUA KELOMPOK DAN SETIAP KELOMOK MENDAPAT TUGAS SATU
MATERI/TUGAS YANG BERBEDA DARI KELOMPOK LAIN
d.
MASING2 KELOMPOK MEMBAHAS MATERI YG SUDAH ADA SECARA KOOPERATIF YANG
BERSIFAT PENEMUAN
e.
SETELAH SELESAI DISKUSI, JURU BICARA KELOMPK MENYAMPAIKAN HASIL PEMBAHASAN
KELOMPOK
f.
GURU MEMBERIKAN PENJELASAN SINGKAT SEKALIGUS MEMBERIKAN KESIMPULAN
g.
EVALUASI
15.
BERTUKAR
PASANGAN
LANGKAH-LANGKAHNYA:
a.
SETIAP
SISWA BERPASANGAN(BEBAS)
b.
GURU MEMBERI TUGAS DAN SISWA MENGERJAKAN DENGAN PASANGANYA
c.
SETELAH SELESAI LALU BERGABUNG DENGAN PASANGAN LAIN
d.
KEDUA PASANGAN KEMUDIAN BERTUKAR PASANGAN, KEMUDIA PASANGAN BARU SALING MENANYAKAN
DAN MENCARI KEPASTIAN JAWABAN MEREKA
e.
TEMUAN BARU YG DIDAPAT DARI PERTUKARAN PASANGAN KEMUDIAN DIBAGIKAN KEPADA
PASANGAN SEMULA
16.
STUDENT
PASILITATOR AND EXPLANING
LANGKAH-LANGKAHNYA:
a.
GURU MENYAMPAIKAN KOMPETSINYA YG AKAN DICAPAI
b.
GURU MENYAJIKAN MATERI
c.
MEMBERIKAN KESEMPATAN SISWA UNTUK MENJELASKAN KEPADA SISWA LAINYA, MISALNYA
MELALUI BAGAN/PETA KONSEP
d.
GURU MENYIMPULKAN IDE/PENDAPAT DARI SISWA
17.
DEMONSTRATION
LANGKAHNYA:
a.
GURU
MENYAMPAIKAN KOMPETENSI
b.
MENYAJIKAN GAMBARAN SEKILAS MATERI YG AKAN DIBAHAS
c.
MENYIAPKAN BAHAN ATAU ALAT BYG DIPERLUKAN
d.
MENUNJUK SALAH SEORANG SISWA MENDEMONTRASIKAN SESUAI SKENARIO YG TELAH
DISIAPKAN
e.
SELURUH SISWA MEMPERHATIKAN DEMONTRASI DAN MENGALISANYA
f.
TIAP SISWA MENGEMUKAKAN HASIL ANALISANYA DAN JUGA PENGALAMAN SISWA DIDEMONTARASIKAN
g.
GURU GURU MEMBUAT KESIMPULAN
18.
KELILING
KELOMPOK
MAKSUDNYA AGAR MASING2 ANGGOTA KELOMPOK
MENDAPAT KESEMPATAN UNTUK MEMBERIKAN KONTRIBUSI MEREKA DAN MENDENGARKAN
PANDANGAN DAN PEMIKIRAN ANGGOTA LAINYA:
LANGKAHNYA:
a.
SALAH SATU
DARI MASING2 KELOMPOK MENILAI DENGAN MEMBERIKAN PANDANGAN DAN PEMIKIRANYA
MENGENAI TUGAS YG SEDANG MEREKA KERJAKAN
b.
SISWA BERIKUTNYA JUGA MELAKUKAN YANG SAMA
c.
DEMIKIAN SETERUSNYA GILIRAN BICARA BISA DILASANAKAN ARAH PUTARAN JAM ATAU
DARI KIRI KE KANAN
19.
Tukar Pendapat (exchanging viewpoints)
a.
Tujuan
Kegiatan ini
dapat digunakan dalam merangsang keteribatan segera dalam materi
pelajaran. Strategi ini mengingatkan
peserta didik agar menjadi pendengar yang hati-hati dan membuka diri terhadap
berbagai sudut pandang.
b.
Prosedur
1.
Bagilah kartu nama kepaada seluruh peserta
didik dan mintalah mereka mengisi namanya.
2.
Mintalahlah peserta didik memperkenalkan diri
pada orang lain, kemudian mintalah pasangan untuk saling tukar respon terhadap
pertanyaan, stattemen, opini yang menantang, mengundang utnuk diteliti, lalu
mintalah opini atau komentar mereka tentang isu yang berkembang mengenai materi
yang sedang dibahas.
3.
Mintalah peserta didik tukar menukar kartu
nama, kemudian mintalah peserta didik, kemudian berbagi pandangan terhadap
pandangan patnernya terdahulu (yang kartunnya sedang dipegang atau dipakai)
4.
Mintalah peserta didik menaruh kembali kartu
nama yang dipegangnya, kemudian mencari kartu nama lain untuk diajak bertukar
pendapat terhadap pandangan yang kartunya sedang mereka pakai
5.
Lanjutkan sampai masing-masing peserta didik
saling bertemu, dan kemudian beritahu peserta didik untuk mendapatkan kartunya
kembali
20.
PERTANYAAN PESERTA DIDIK ( Question Studen Have)
a.
Bagikan kartu kosong kepada setiap siswa.
b.
Mintalah setiap siswaq menulis beberapa
pertanyaan yang mereka miliki tentang mata pelajaran atau pelajaran yang sedang
dipelajari(jangan mencamtumkan nama pesrta didik).Contohnya,seorang peserta
mungkin bertanya;”Bagaimana perbedaan Aljabar II dengan Aljabar i? ”Akankah ada
karangan /tugas akhir untuk pelajaran ini? ”.
c.
Putarlah kartu tersebut searah keliling jarum
jam.Kketika setiap kartu diedarkan pada peserta berikutnya,dia(pria/wanita)
harus membacanya dan memberikan tanda cek pada kartu itu apabila kartu itu
berisi pertanyaan mengenai pembaca.
d.
Saat kartu kembali pada penulisnya, setiap
peserta akan telah memeriksa seluruh pertanyaan kelompok tersebut.Ppoin
ini,mengindentifikasi pertanyaan yang memperoleh suara terbanyak. Jawab
masing-masing pertanyaan tersebut dengan;
A . Jawaban langsung atau memberikan jawaban yang berani;
1.
Menunda pertanyaan sampai waktu
yang tepat; atau
2.
Pertanyaan tersebut tidak menunjukkan suatu pertanyaan.
e.
Panggil beberapa peserta berbagi pertanyaan
secara sukarela, sekalipun mereka tidak
memperoleh suara terbanyak.
f.
kumpulkan semua kartu.Kartu tersebut mungkin
berisi pertanyaan yang mana anda mungkin
menjawabnya dipertemuan berikutnya.