RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………………………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti
Kelas/Semester : .... / ...
Materi Pokok : Tema
ke-11, ...............
Subtema 1 : ...............
Subtema 2 : ...............
Subtema 3 : ...............
Subtema 4 : ...............
Alokasi Waktu : ... Pertemuan (... x (2x35 menit))
A. Kompetensi Inti
KI-1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
6.
|
|
|
7.
|
|
|
C. Tujuan Pembelajaran (kalau
bisa per pertemuan)
Pertemuan ke-1:
Melalui pendekatan/metode/model/media
........................, peserta didik mampu:
1.
..........................
2.
..........................
3.
..........................
Pertemuan ke-2:
Melalui pendekatan/metode/model/media
........................, peserta didik mampu:
1.
..........................
2.
..........................
3.
..........................
Pertemuan ke-3:
Melalui pendekatan/metode/model/media
........................, peserta didik mampu:
1.
..........................
2.
..........................
3.
..........................
D. Materi Pembelajaran
(Diisi dengan ringkasan materi per sub tema/pertemuan dengan
diberi Numbering A. B. C. dan seterusnya)
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan: ................
2. Metode: ...................
3. Model: ....................
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media: (diisi alat yang digunakan
untuk guru mengajar, contoh: alat peraga, CD Pembelajaran Interaktif, dll)
2. Alat: (bahan (software/hardware)
contoh: Kertas karton/bufallo, Spidol, doble tip, Laptop, LCD Proyektor, Screen, Speaker aktif, dan Software powerpoint)
3. Sumber
Pembelajaran: (contoh)
a. Al-Qur’an dan terjemah yang
telah disahkan oleh Kementerian Agama.
b. Kitab-Kitab Hadist Nabi Muhammad SAW.
c. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD/MI Kls I: Buku Guru.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
d. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD/MI Kls I. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
e.
Guru dan siswa.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1 (Subtema:
..................(2x35 menit))
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. ......................
b.
.........................
c. ..........................
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a. Mengamati
.................................
b. Menanya
...................................
c. Mengeksperimen/Mengeksplorasi
1. ...........................
2. ...........................
3. ...........................
4. ...........................
d. Mengasosiasi
1.
...........................
2.
...........................
3.
...........................
e. Mengkomunikasikan
1. ...........................
2. ...........................
3. ...........................
|
50 menit
|
3.
|
Penutup
a. ...........................
b. ..........................
c. ..........................
|
10 menit
|
Pertemuan ke-2 (Subtema: ..................(2x35 menit))
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. ......................
b.
.........................
c.
..........................
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a. Mengamati
.................................
b. Menanya
...................................
c. Mengeksperimen/Mengeksplorasi
5. ...........................
6. ...........................
7. ...........................
8. ...........................
d. Mengasosiasi
4.
...........................
5.
...........................
6.
...........................
e. Mengkomunikasikan
4. ...........................
5. ...........................
6. ...........................
|
50 menit
|
3.
|
Penutup
d. ...........................
e. ..........................
f. ..........................
|
10 menit
|
H. Penilaian
1. Sikap
a.
Jenis
Penilaian : ...... (tes/non tes)
b.
Teknik
Penilaian : .............
c.
Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
d.
Kisi-kisi :
1) Penilaian diri :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
2) Penilaian
antar teman :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3) Penilaian autentik
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Rentang Nilai*)
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
Catatan:
*) 1 = tidak
pernah, 2 = kadang-kadang, 3 = sering,
4 = selalu
Nilai = Skor yang diperoleh
x 100
Skor maksimal
2.
Penilaian
Pengetahuan
a.
Jenis
Penilaian : Tes
b.
Teknik
Penilaian : Tes tulis/lisan
c.
Bentuk
Instrumen : Lembar soal
d.
Kisi-kisi :
...............................................
...............................................
...............................................
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Jenis
Penilaian : Tes
b.
Teknik
Penilaian : Kinerja
c.
Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian kinerja
d.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
|
|
Instrumen terlampir
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
(Berisi Lampiran
Instrumen Penilaian (Soal) dan Materi Pembelajaran sebagai daftar pustaka)
Mengetahui,
Kepala
SD.....
...............................................
NIP.
......................................
|
Sambas, ............................................
Guru Pendidikan
Agama Islam,
.................................................
NIP.
........................................
|