Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

FORMAT RPP PAI SD KURIKULUM 2013

Senin, 08 September 2014 | 02:19 WIB Last Updated 2023-03-30T13:36:53Z

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah        : ………………………………………
Mata Pelajaran       : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester       : .... / ...
Materi Pokok          :  Tema ke-11, ...............
Subtema 1      : ...............
Subtema 2      : ...............
Subtema 3      : ...............
Subtema 4      : ...............
Alokasi Waktu        : ... Pertemuan (... x (2x35 menit))

A. Kompetensi Inti
KI-1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.


2.


3.


4.


5.


6.


7.



C. Tujuan Pembelajaran (kalau bisa per pertemuan)
Pertemuan ke-1:
Melalui pendekatan/metode/model/media ........................, peserta didik mampu:
1.      ..........................
2.      ..........................
3.      ..........................

Pertemuan ke-2:
Melalui pendekatan/metode/model/media ........................, peserta didik mampu:
1.      ..........................
2.      ..........................
3.      ..........................

Pertemuan ke-3:
Melalui pendekatan/metode/model/media ........................, peserta didik mampu:
1.      ..........................
2.      ..........................
3.      ..........................





D. Materi Pembelajaran
(Diisi dengan ringkasan materi per sub tema/pertemuan dengan diberi Numbering A. B. C. dan seterusnya)

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan: ................
2. Metode: ...................
3. Model: ....................

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media: (diisi alat yang digunakan untuk guru mengajar, contoh: alat peraga, CD Pembelajaran Interaktif, dll)
2. Alat: (bahan (software/hardware) contoh: Kertas karton/bufallo, Spidol, doble tip, Laptop, LCD Proyektor, Screen, Speaker aktif, dan Software powerpoint)
3.  Sumber Pembelajaran: (contoh)
a.    Al-Qur’an dan terjemah yang telah disahkan oleh Kementerian Agama.
b.    Kitab-Kitab Hadist Nabi Muhammad SAW.
c.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD/MI Kls I: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
d.   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD/MI Kls I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
e.    Guru dan siswa.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 Pertemuan ke-1 (Subtema: ..................(2x35 menit))

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.  ......................
b.  .........................
c.  ..........................

10 menit
2.
Kegiatan Inti
a. Mengamati
.................................

b. Menanya
...................................

c.  Mengeksperimen/Mengeksplorasi
1.    ...........................
2.    ...........................
3.    ...........................
4.    ...........................

d.  Mengasosiasi
1.    ...........................
2.    ...........................
3.    ...........................

e.  Mengkomunikasikan
1.    ...........................
2.    ...........................
3.    ...........................

50 menit
3.
Penutup
a.    ...........................
b.  ..........................
c.   ..........................


10 menit
Pertemuan ke-2 (Subtema: ..................(2x35 menit))

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.  ......................
b.  .........................
c.  ..........................

10 menit
2.
Kegiatan Inti
a. Mengamati
.................................

b. Menanya
...................................

c.  Mengeksperimen/Mengeksplorasi
5.    ...........................
6.    ...........................
7.    ...........................
8.    ...........................

d.  Mengasosiasi
4.    ...........................
5.    ...........................
6.    ...........................

e.  Mengkomunikasikan
4.    ...........................
5.    ...........................
6.    ...........................

50 menit
3.
Penutup
d.   ...........................
e.  ..........................
f.    ..........................


10 menit

H. Penilaian
     1. Sikap
a.    Jenis Penilaian           : ...... (tes/non tes)
b.    Teknik Penilaian       : .............
c.    Bentuk Instrumen     : Lembar penilaian
d.   Kisi-kisi                     :
1) Penilaian diri         :

No.
Indikator
Butir Instrumen
1.


2.


             
2) Penilaian antar teman :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  


  1.  


  1.  


  1.  


  1.  



3) Penilaian autentik
No.
Aspek yang dinilai
Rentang Nilai*)
1
2
3
4
1.





2.





3.






Catatan:  *)  1 = tidak pernah,  2 = kadang-kadang,  3 = sering,  4 = selalu

Nilai = Skor yang diperoleh x 100
                 Skor maksimal


2.      Penilaian Pengetahuan
a.       Jenis Penilaian      : Tes
b.      Teknik Penilaian   : Tes tulis/lisan
c.       Bentuk Instrumen            : Lembar soal
d.      Kisi-kisi                :
...............................................
...............................................
...............................................

3.      Penilaian Keterampilan  
a.    Jenis Penilaian           : Tes
b.    Teknik Penilaian       : Kinerja
c.    Bentuk Instrumen     : Lembar penilaian kinerja
d.   Kisi-kisi                     :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.


              Instrumen terlampir


LAMPIRAN-LAMPIRAN:
(Berisi Lampiran Instrumen Penilaian (Soal) dan Materi Pembelajaran sebagai daftar pustaka)




Mengetahui,
Kepala SD.....




...............................................
NIP. ......................................
Sambas, ............................................

Guru Pendidikan Agama Islam,




.................................................
NIP. ........................................




×
Artikel Terbaru Update