KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
1.1
Berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk
pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2
Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan
Maha Pengayang.
1.3
Mensyukuri karunia dan
pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4
Bersuci sebelum
beribadah
1.5
Membaca
Basmalah setiap memulai aktivitas
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
2.1
Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang,
dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
2.2
Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan
Al-Ikhlas
2.3
Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota
keluarga
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
2.4
Memiliki
perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq ayat
1 s.d. 5
2.5
Memiliki sikap
pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad
SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengenal
pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‘Alaq
ayat 1 s.d. 5
3.2
Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya
yang dijumpai di sekitar rumah dan
sekolah
3.3
Mengenal makna
Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
3.4
Mengenal makna dua
kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun
Islam yang pertama
3.5
Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah belajar
3.6
Mengenal tata cara bersuci
3.7
Mengenal shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di
sekitar rumahnya melalui pengamatan
3.8
Mengenal kisah
keteladanan Nabi Adam A.S
3.9
Mengenal kisah
keteladanan Nabi Idris A.S
3.10
Mengenal kisah
keteladanan Nabi Nuh A.S
3.11 Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
1.1
Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara
lengkap
1.2
Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
1.3
Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan
jelas
1.4
Melafalkan
Q.S. Al-Fatihah dan Q.S.
Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
1.5
Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan
benar dan jelas.
1.6
Menunjukkan
hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
1.7
Menceritakan
contoh perilaku
kasih sayang sesama teman dalam kehidupan sehari-hari
1.8
Mempraktekkan tata cara
bersuci
1.9
Menceritakan kegiatan agama yang dianutnya di
sekitar rumahnya
1.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam A.S
1.11
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Idris A.S
1.12
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Nuh A.S
1.13
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Hud a.s
1.14
Menceritakan kisah keteladanan Nabi
Muhammad SAW
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1
Berwudhu sebelum shalat
1.2
Melaksanakan
shalat sebagai wujud dari pemahaman
rukun Islam
1.3
Berdo’a
sebelum dan sesudah makan
1.4
Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta
segala yang ada di alam.
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
2.1
Menunjukkan
perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
2.2 Menunjukkan perilaku hidup sehat sebagai
implementasi dari pemahaman makna berwudhu
2.3
Menunjukkan
sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengetahui
keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya
yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.2
Mengenal makna
Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.3
Mengenal
hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
3.4
Mengenal
hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
3.5
Mengenal makna
kandungan Q.S. Al ‘Ashr
3.6
Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
3.7
Mengenal do’a
sebelum dan sesudah wudhu
3.8
Mengenal makna
do’a sebelum dan sesudah makan
3.9
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
3.10 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S
3.11 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
3.13
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf.
4.2 Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al
‘Ashr dengan benar dan jelas
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas
dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.4 Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi
dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
4.5 Mempraktekkan wudhu dan do’anya dengan tertib dan benar
4.6 Memperaktekkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.7 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
4.8 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
4.11
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1
Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman
Q.S. al-Kautsar
1.2
Berdzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman
Q.S. al-Kautsar
1.3
Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha
Melihat dan Maha Mendengar.
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga,
dan guru.
|
2.1
Memiliki
perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Al Kautsar.
2.2
Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman
makna ibadah shalat.
2.3
Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai
implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.4
Memiliki sikap
jujur sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5
Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, rela
berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Mengetahui keesaan Allah Yang
Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan
makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
3.2
Mengetahui
makna Asmaul Husna: Al-Wahab, Al-‘Alim, As-Sami’
3.3
Mengetahui
hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
3.4
Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
3.5
Mengerti makna dzikir
dan doa setelah shalat
3.6
Mengetahui
hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
3.7
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S
3.8
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Syu’aib A.S
3.9
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S (rasa ingin tahu,
sabar, dan rela berkorban, hormat
dan patuh kepada orangtua)
3.10
Mengetahui
sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan nabi
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Qur’an
dengan benar
4.2
Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Qur’an dengan benar
4.3
Menunjukkan
hafalan Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar
4.4
Mencontohkan
perilaku tawadlu, ihlas, dan mohon petolongan sebagai implementasi dari
pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
4.5
Mempraktikkan tata cara
shalat, dzikir, dan doa setelah shalat
secara benar
4.6
Menceritakan pelaksanaan ibadah shalat di sekitar
rumah dan sekolah
4.7
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S
4.8
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib A.S
4.9
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S
4.10
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri
kepada Allah SWT.
1.2
Mengamalkan kebajikan
kepada sesama manusia sebagai
implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.3
Menghindari
perilaku tercela sebagai implementasi dari
pemahaman ibadah shalat
1.4
Meyakini
keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.5
Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga,
dan guru
|
2.1
Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat
Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan
sehari-hari.
2.2
Memiliki sikap santun dan menghargai teman,
baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
2.3
Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
2.4
Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan
Nabi Musa A.S
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain
|
3.1
Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan
terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
3.2
Mengerti makna iman
kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan
alam sekitar.
3.3
Mengerti
makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Adhim
3.4
Memahami makna
bacaan sholat
3.5
Mengetahui
kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
3.6 Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
3.7 Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s.
3.8
Mengetahui
kisah keteladan Nabi Musa A.S
3.9
Mengetahui kisah keteladan wali-wali Allah
3.10
Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari
Nabi Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.1 Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan tartil
1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil
dengan benar
1.3 Menunjukkan hafalan
Q.S. Al Falaq, Al Ma’un dan Al-Fil dengan lancar.
1.4 Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman,
baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
1.5 Menceritakan
pengalaman melaksanakan shalat di rumah, atau di masjid
lingkungan sekitar rumah.
1.6
Menceritakan kisah
keteladan Nabi Ayyub a.s.
1.7
Menceritakan kisah
keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
1.8 Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s.
1.9
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Musa A.S
1.10 Menceritakan kisah keteladanan wali-wali Allah
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Membaca al-qur’an dengan tartil.
1.2 Menyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir
dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3 Melaksanakan
kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun
Islam
1.4 Melaksanakan shalat tarawih dan
tadarus Al Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan
kepada Allah dan rasul Nya
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan
cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah
2.2 Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tiin
2.3 Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai
implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.4 Memiliki sikap tabligh
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain .
|
3.1 Mengenal nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi
3.2 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai
implementasi rukun iman
3.3 Mengetahui makna Q.S.
At-Tin dan Al-Insyirah dengan benar
3.4 Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum,
Al-Ahad
3.5 Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat
membentuk akhlak mulia
3.6
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
3.7
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.8
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.9
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
3.10 Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat
dalam Al Qur’an
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Membaca Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah
dengan baik dan benar
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah
dengan baik dan benar
4.4 Mencontohkan perilaku
saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
4.5 Mencontohkan perilaku suka
menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2 Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari
pemahaman Rukun Iman
1.3 Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4 Menunaikan
kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun
Islam
1.5 Berinfaq sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
1.6 Bersedekah sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
|
2.1
Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari
pemahaman isi kandungan Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.2
Memiliki perilaku yang
mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.3
Memiliki perilaku yang
mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar
2.4
Memiliki sikap
fathonah sebagai implementasi
dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1 Mengetahui
makna Q.S.
Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
3.2
Mengerti
makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
3.3
Memahami hikmah
beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.4
Memahami
hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat
membentuk perilaku akhlak mulia
3.5
Memahami
hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
3.6
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.7
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s.
3.8
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.9
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Isa
3.10
Mengetahui
kisah Nabi Muhammad SAW
3.11
Mengetahui
kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
3.12
Mengetahui
kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan jelas dan benar
4.2
Menulis
Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
4.3
Menyebutkan arti
Q.S. Al-Kafirun dan
Al-Maidah ayat 2
dengan benar
4.4
Mencontohkan perilaku
toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.5
Menunjukkan contoh
Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman
|