PROGRAM TAHUNAN
(PROTA) MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan :
SDN 26 Pemangkat
Kelas
: I (satu)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
KETERANGAN
|
1.1 Terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S.
Al-Fatihah
1.2 Meyakini
adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
1.3 Mensyukuri
karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan
Q.S. Al-Ikhlas
1.4 Terbiasa
bersuci sebelum beribadah
1.5 Terbiasa
membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
|
||
2.1 Memiliki
sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah
SAW
2.2 Memiliki
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3 Memiliki
perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4 Memiliki
sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi
Muhammad SAW
2.5 Memiliki
sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6 Memiliki
sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Baqarah (2): 83
2.7 Memiliki
perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq
(96): 1-5
2.8 Memiliki
perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai
implementasi pemahaman makna bersuci
|
||
3.12 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.12 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
1
x 4 jam pelajaran
|
|
3.3 Mengenal
makna Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik
4.3
Melafalkan Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik
|
4
x 4 jam pelajaran
|
|
4.2.1 Melafalkan
Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.2.2 Menunjukkan
hafalan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
3.2 Mengenal
pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S al Fatihah, al-Ikhlas dan al ’Alaq
(96): 1-5
|
9
x 4jam pelajaran
|
|
3.1 Mengetahui
huruf-huruf Hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.1 Melafalkan
huruf-huruf Hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
|
2
x 4jam pelajaran
|
|
3.6 Mengenal
tata cara bersuci
4.6 Mempraktikkan
tatacara bersuci
|
3
x 4 jam pelajaran
|
|
3.8 Mengenal
kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
4.8 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
|
1
x 4jam pelajaran
|
|
3.10 Mengenal
kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
4.10 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
|
1
x 4jam pelajaran
|
|
3.11 Mengenal
kisah keteladanan Nabi Hud a.s
4.11 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
|
1
x 4jam pelajaran
|
|
3.9 Mengenal
kisah keteladanan Nabi Idris a.s
4.9 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
|
1
x 4jam pelajaran
|
|
4.5 Melafalkan
doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas
3.5 Mengenal
makna do’a sebelum dan sesudah belajar
|
2
x 4 jam pelajaran
|
|
4.4 Melafalkan
dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
3.4 Mengenal
makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
|
2
x 4 jam pelajaran
|
|
3.7 Memahami șholat
dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.7.1
Melaksanakan sholat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
melalui pengamatan
4.7.2
Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
|
3
x 4 jam pelajaran
|
|
3.13 Memahami
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.4 Mencontohkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
|
3
x 4 jam pelajaran
|
|
3.14 Memahami
perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
4.5
Mencontohkan perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
|
3
x 4 jam pelajaran
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
Erwanto, S.Pd
Nip. 19711130 199312 1 001
|
Pemangkat…………………………2014
Guru PAI
Ruslan. S,
S.Pd.I
Nip. 19680707 198905 1 001
|
PROGRAM TAHUNAN
(PROTA) MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SDN 26 Pemangkat
Kelas : IV (empat)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3
: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain
KI 4 :
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
KETERANGAN
|
1.1 Menerapkan ketentuan
syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan besar
1.2 Menunaikan sholat
secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT
1.3 Menerapkan kebajikan
sebagai implementasi dari pemahaman ibadah sholat
1.4 Menghindari perilaku
tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah sholat
1.5 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah
SWT
1.6 Meyakini adanya rasul-rasul Allah SWT
|
||
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai
implementasi dari pemahaman Q. S At -Taubah (9): 119 Taubah (9): 119
2.2 Memiliki perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua, dan guru sesama anggota keluarga sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Lukman (31): 14
2.3 Memiliki sikap santun dan menghargai teman,
baik di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al -Hadiid (57): 9
2.4 Memiliki sikap yang
dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT keimanan kepada para
malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.5 Memiliki sikap gemar membaca
sebagai implementasi dari pemahama n Q.S. Al -‘Alaq (96): 1 -5
2.6 Memiliki sikap amanah sebagai implementasi
dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw
2.7 Memiliki sikap pantang
menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
2.8 Memiliki sikap rendah hati sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 37
2.9 Memiliki perilaku hemat sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 27Isra
|
||
3.6 Mengetahui
Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan baik dan benar
4.6.1 Membaca Q.S. Al
Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan tartil
4.6.2 Menulis
kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan benar
4.6.3 Menunjukkan
hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fil dengan lancar.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
|
3.1 Mengetahui
Allah SWT itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar
rumah dan sekolah
4.1 Melakukan
pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah SWT di sekitar rumah dan sekolah
sebagai upaya mengenal Allah SWT itu ada.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
|
4.3 Membaca
Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim dan maknanya
3.3 Mengerti
makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
|
4 x 4 jam pelajaran
|
|
3.15 Mengetahui sikap santun dan
menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw
3.7 Memahami
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat
sekitar
4.15 Mencontohkan sikap santun
dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw
4.7 Mencontohkan
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat
sekitar
|
2 x 4 jam pelajaran
|
|
3.4 Memahami
tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat
Islam
4.4 Memperaktikkan
tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat
Islam
|
3 x 4 jam pelajaran
|
|
3.10 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
3.11 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Dzulkifi a.s.
3.12 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Harun a.s.
3.13 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Musa a.s
4.10 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.11 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Dzulkifi a.s.
4.12 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Harun a.s.
4.13 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Musa a.s
|
7 x 4 jam pelajaran
|
|
3.4 Mengerti
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan alam sekitar.
4.2 Melakukan
pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT
3.2 Mengerti
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan alam sekitar.
|
4 x 4 jam pelajaran
|
|
3.8 Memahami
sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
3.9 Memahami
perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
4.8 Mencontohkan sikap
rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
4.9 Mencontohkan perilaku
hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
|
4 x 4 jam pelajaran
|
|
3.5 Memahami makna ibadah sholat
4.5.1 Memberikan
contoh-contoh makna ibadah sholat
4.5.2 Menceritakan
pengalaman melaksanakan sholat di rumah
dan masjid lingkungan sekitar rumah.
|
4 x 4 jam pelajaran
|
|
3.14 Mengetahui
kisah keteladanan Wali Songo
4.14 Menceritakan
kisah keteladanan Wali Songo
|
2 x 4 jam pelajaran
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
Erwanto, S.Pd
Nip. 19711130 199312 1 001
|
Pemangkat…………………………2014
Guru PAI
Lahmudin
S.Pd.I
Nip. 1966112 198807 1 002
|