RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD...............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester : IV/ 1
Tema :
Aku Cinta Nabi dan Rasul
Subtema : Nabi Ayyub, a.s.
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
(140 menit)
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
3.6
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.9
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
Indikator
3.6.1. menyebutkan sikap keteladanan pada diri Nabi
Ayyab a.s.
4.9.1. menyebutkan nama ayah dan kakek Nabi Ayyub a.s.
4.9.2. menyebutkan ujian-ujian yang diberikan Allah
kepada Nabi Ayyub a.s.
4.9.3. menyebutkan nama istri Nabi Ayyub a.s.
B.
Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik mampu:
a. Meyakini
adanya Rasul-rasul Allah Swt melalui pembelajaran diskusi
b. Menyebutkan
sikap keteladanan Nabi Ayyub a.s.
c.
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
C.
Materi Pembelajaran
Kisah Nabi
Ayyub a.s.
Nabi Ayyub
a.s. adalah keturunan Nabi Ishaq a.s. bin Ibrahim a.s. Beliau adalah seorang
nabi yang kaya raya. Binatang ternaknya banyak. Sawah ladangnya luas. Akan
tetapi, beliau tidak pernah sombong.Nabi Ayyub a.s. terkenal sabar dan dermawan.
Suka menolong fakir miskin,
yatim-piatu,
dan orang-orang yang membutuhkan.Nabi Ayyub a.s. pernah mendapat ujian dari Allah.
Hartanya yang banyak hari demi hari berkurang sehingga ia jatuh miskin. Walaupun
miskin, ia tidak mengemis, imannya tidak goyah karena ia ingat bahwa ketika
lahir ke dunia tidak mempunyai apa-apa. Harta datang dari Allah dan kembalinya
pun kepada Allah.Karena imannya kuat, setan tak mampu menggodanya. Kaya atau miskin
merupakan ujian bagi manusia.
Nabi Ayyub a.s., baik ketika kaya raya atau
ketika miskin senantiasa taat kepada Allah, selalu bersyukur. Bahkan ketika ia
jatuh miskin, harta yang ada selalu ia sedekahkan. Ia yakin, bahwa orang miskin
yang bersedekah lebih mulia di sisi Allah Swt. Sebaliknya, orang kaya yang
kikir adalah yang paling hina di sisi Allah Swt.
Kemudian, Nabi Ayyub a.s. diuji dengan penyakit kulit,
bisul, panas, dan gatal sehingga orang-orang menjauhinya. Bahkan, mereka
membuang Nabi Ayyub a.s. ke padang pasir yang jauh dari keramaian penduduk
karena takut tertular penyakit. Setelah itu, putra-putrinya meninggal dunia.
Sekali pun musibah silih berganti, tetapi tidak membuat dirinya lupa beribadah
dan memuji Allah Swt.
D.
Metode Pembelajaran
1.
Menyimak
2.
Tanya jawab
3.
Ceramah
4.
Diskusi
5.
Demonstrasi
6.
Presentasi
E.
Media Pembelajaran
1.
Video kisah nabi
2.
Proyektor dan LCD
F.
Sumber Belajar
1.
Buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas
IV”
2.
Pengalaman guru
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Persiapan/pendahuluan (20 menit)
a.
Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’abersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
b.
Memulai pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan
dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang
ditentukan sebelumnya).
c.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
d.
Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri.
a.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema.
b.
Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
c.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menyimak,menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi
dan membuat kesimpulan hasil diskusi
Sebelum
masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu mengajak peserta didik
menyanyikan lagu “Ya Nabi Salam Alaika”. Kemudian menyampaikan secara singkat
makna cinta nabi dan rasul, serta alasan mengapa harus mencintai nabi dan
rasul.
2. Pelaksanaan/kegiatan
Inti (100 menit)
Mengamati
·
Mengamati video
kisah Nabi Ayyub a.s. yang ditayangkan.
·
Menyimak kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s. secara klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar
contoh keteladanan Nabi Ayyub a.s. baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Peserta
didik tanya jawab dengan guru tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. Misal:
Siapakah Nabi Ayyub a.s. itu? Ia orang yang sabar, kaya-raya, dan dermawan. Apa
kesabaran dan kedermawanannya?
·
Mengajukan
pertanyaan terkait dengan keteladanan Ayyub a.s.
·
Dialog mendalam
secara klasikal untuk mengungkap bagaimana bisa mengaplikasikan keteladanan
Nabi Ayyub a.s. dalam kehidupan sehari-hari
Eksperimen/Explore
·
Secara
berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji/keteladanan yang terdapat pada kisah
keteladanan Ayyub a.s.
· Secara
berkelompok mendiskusikan “Bagaimana caranya meneladani sifat Nabi Ayyub a.s.
untuk diterapkan dalam kehidupan baik di sekolah maupun di rumah.
Asosiasi
·
Secara
berkelompok merumuskan arti sifat keteladanan yang ada pada diri Nabi Ayyb a.s.
·
Secara
berkelompok membuat gambaran/atau kisah tentang keteladanan yang ada pada diri
Nabi Ayyub a.s. yang diaplikasikan pada kondisi saat ini
H.
Komunikasi.
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ayyub a.s. secara kelompok
·
Menanggapi hasil
presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
3.
Penutup
·
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan
atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
·
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik
cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
I.
Penilaian Hasil Belajaran
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajarandilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
siswa.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan
hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Tugas
·
Mengisi rubrik
tentang keteladanan Nabi Ayyub a.s
·
Menceritakan isi video
tentang kisah Nabi Ayyub a.s. dan keteladanannya
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
- menceritakan isi video tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
- sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan
tentang keteladanan Nabi Ayyub a.s. dalam kehidupan sehari-hari
Tes
·
Tes dalam bentuk
lisan dengan menceritakan isi video tentang kisah Nabi Ayyub a.s.
Guru
melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati video pada
kolom “ayo berlatih”.
Rubrik
Penilaian
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaanmateri
|
|
|
|
|
2
|
Penguasaannilai-nilai
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
Catatan :
*4 = SangatBaik
3 = Baik
2 = Sedang 1 =
Kurangbaik
RentangSkor =
Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16 - 4
= 12/4
= 3
MK =
14 - 16
MB =
11 - 13
MT = 7 - 10
BT = 4 -
6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta
didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan
adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan
berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan
perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
Gurudapat
mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan
peserta didik.
Mengetahui,
Kepala SDN
|
....................................
Guru
Mata Pelajaran PAI
|