Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

RPP PAI KELAS IV SEMESTER 1 TEMA AKU CINTA NABI DAN RASUL KURIKULUM 2013

Senin, 08 September 2014 | 02:16 WIB Last Updated 2023-03-30T13:36:53Z

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             : SD...............................
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester          : IV/ 1
Tema                           : Aku Cinta Nabi dan Rasul
Subtema                      : Nabi Ayyub, a.s.       
Alokasi Waktu             : 1 x pertemuan (140 menit)


A.   Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
3.6 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.

Indikator
3.6.1. menyebutkan sikap keteladanan pada diri Nabi Ayyab a.s.
4.9.1. menyebutkan nama ayah dan kakek Nabi Ayyub a.s.
4.9.2. menyebutkan ujian-ujian yang diberikan Allah kepada Nabi Ayyub a.s.
4.9.3. menyebutkan nama istri Nabi Ayyub a.s.

B.   Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
a. Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt melalui pembelajaran diskusi
b. Menyebutkan sikap keteladanan Nabi Ayyub a.s.
c. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.

C.   Materi Pembelajaran
Kisah Nabi Ayyub a.s.
Nabi Ayyub a.s. adalah keturunan Nabi Ishaq a.s. bin Ibrahim a.s. Beliau adalah seorang nabi yang kaya raya. Binatang ternaknya banyak. Sawah ladangnya luas. Akan tetapi, beliau tidak pernah sombong.Nabi Ayyub a.s. terkenal sabar dan dermawan. Suka menolong fakir miskin,
yatim-piatu, dan orang-orang yang membutuhkan.Nabi Ayyub a.s. pernah mendapat ujian dari Allah. Hartanya yang banyak hari demi hari berkurang sehingga ia jatuh miskin. Walaupun miskin, ia tidak mengemis, imannya tidak goyah karena ia ingat bahwa ketika lahir ke dunia tidak mempunyai apa-apa. Harta datang dari Allah dan kembalinya pun kepada Allah.Karena imannya kuat, setan tak mampu menggodanya. Kaya atau miskin merupakan ujian bagi manusia.  
Nabi Ayyub a.s., baik ketika kaya raya atau ketika miskin senantiasa taat kepada Allah, selalu bersyukur. Bahkan ketika ia jatuh miskin, harta yang ada selalu ia sedekahkan. Ia yakin, bahwa orang miskin yang bersedekah lebih mulia di sisi Allah Swt. Sebaliknya, orang kaya yang kikir adalah yang paling hina di sisi Allah Swt.
Kemudian, Nabi Ayyub a.s. diuji dengan penyakit kulit, bisul, panas, dan gatal sehingga orang-orang menjauhinya. Bahkan, mereka membuang Nabi Ayyub a.s. ke padang pasir yang jauh dari keramaian penduduk karena takut tertular penyakit. Setelah itu, putra-putrinya meninggal dunia. Sekali pun musibah silih berganti, tetapi tidak membuat dirinya lupa beribadah dan memuji Allah Swt.





D.   Metode Pembelajaran
1.      Menyimak
2.      Tanya jawab
3.      Ceramah
4.      Diskusi
5.      Demonstrasi
6.      Presentasi

E.    Media Pembelajaran
1.      Video kisah nabi
2.      Proyektor dan LCD

F.    Sumber Belajar
1.      Buku   “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV”
2.      Pengalaman guru

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Persiapan/pendahuluan (20 menit)
a.     Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
b.    Memulai pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya).
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.    Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri.
a.     Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema.
b.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
c.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi

Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Ya Nabi Salam Alaika”. Kemudian menyampaikan secara singkat makna cinta nabi dan rasul, serta alasan mengapa harus mencintai nabi dan rasul.

2.      Pelaksanaan/kegiatan Inti (100 menit)
Mengamati
·      Mengamati video kisah Nabi Ayyub a.s. yang ditayangkan.
·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ayyub a.s. baik secara klasikal atau individual

Menanya
·      Peserta didik tanya jawab dengan guru tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. Misal: Siapakah Nabi Ayyub a.s. itu? Ia orang yang sabar, kaya-raya, dan dermawan. Apa kesabaran dan kedermawanannya?
·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan Ayyub a.s.
·      Dialog mendalam secara klasikal untuk mengungkap bagaimana bisa mengaplikasikan keteladanan Nabi Ayyub a.s. dalam kehidupan sehari-hari


Eksperimen/Explore
·      Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji/keteladanan yang terdapat pada kisah keteladanan Ayyub a.s.
·      Secara berkelompok mendiskusikan “Bagaimana caranya meneladani sifat Nabi Ayyub a.s. untuk diterapkan dalam kehidupan baik di sekolah maupun di rumah.

Asosiasi
·      Secara berkelompok merumuskan arti sifat keteladanan yang ada pada diri Nabi Ayyb a.s.
·      Secara berkelompok membuat gambaran/atau kisah tentang keteladanan yang ada pada diri Nabi Ayyub a.s. yang diaplikasikan pada kondisi saat ini
H.      
Komunikasi.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ayyub a.s.  secara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

3.      Penutup
·           Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
·           Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
·           Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

I.      Penilaian Hasil Belajaran
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajarandilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema­juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan Nabi Ayyub a.s
·      Menceritakan isi video tentang kisah Nabi Ayyub a.s. dan keteladanannya

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-       menceritakan isi video tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
-       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan Nabi Ayyub a.s. dalam kehidupan sehari-hari

Tes
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi video tentang kisah Nabi Ayyub a.s.
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati video pada kolom “ayo berlatih”.
Rubrik Penilaian
No.
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaanmateri




2
Penguasaannilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan




Catatan :
*4 =  SangatBaik                3 =  Baik
  2 =  Sedang                      1 =  Kurangbaik
RentangSkor   = Skor Maksimal – Skor Minimal
              =  16 - 4
              =  12/4
              =  3
MK         =   14 - 16
MB         =   11 - 13
MT         =   7 - 10
BT          =   4 -   6

Keterangan:        
BT     :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB    :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK    :    Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).
Gurudapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.



Mengetahui,
Kepala SDN





....................................

Guru Mata Pelajaran PAI





×
Artikel Terbaru Update