Definisi Konsep Pemasaran :
Falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan salah satu syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Tahapan-tahapan dalam Manajemen Pemasaran :
· Tahap orientasi Produksi
- Tujuan dan perencanaan perusahaan ditentukan oleh Bagian Produksi
- Tugas Bagian Penjualan hanya menjual dan mengkoordinasikan tenaga penjual
- Harga produk sudah ditentukan oleh Bagian Produksi dan Bagian Keuangan
- Konsep yang dianut disebut Konsep Produksi
· Tahap orientasi Penjualan
- Pengukuran keberhasilan perusahaan ditentukan oleh volume penjualan dan bukan laba perusahaan
- Konsep yang dianut disebut Konsep Penjualan
· Tahap orientasi Pemasaran
- Falsafah untuk berintegrasi dengan dan berorientasi pada konsumen untuk mendapatkan volume penjualan yang menguntungkan
- Perhatian pada bidang pemasaran
- Konsep yang dianut disebut Konsep Pemasaran
· Tahap tanggung jawab sosial dan orientasi kemanusiaan
- Orientasi pada masyarakat dan faktor ekstern yang dapat mempengaruhi program Pemasaran antara lain :
Lingkungan, Ekologi, Politik, Hukum dsb.
- Faktor-faktor tsb. tidak dapat dikendalikan oleh manajemen perusahaan, tetapi diusahakan untuk pencapaian tujuan dalam jangka panjang
- Konsep yang dianut disebut Konsep Pemasaran Masyarakat ( Pengembangan Konsep Pemasaran )
- Tahap ini disebut dengan Tahap Kelangsungan Hidup, dengan memilih dan mengalokasikan Sumber Daya maka perusahaan juga berorientasi pada Persediaan