1. Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah
Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Agama
memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama
menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan
bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat
manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menajdi
sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di
lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan agama dimaksudkan untuk peningkatan
potensi spiritual dan membetuk peserta didik agar menajdi manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti,
dan moral sebagai perwujudan dari
pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengamalan, pemahaman,
dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut
dalam kehidupan individual ataupun
kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada
akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan
martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti
tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan
manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan
untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling
menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial.
Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan
jenjang persekolahan yang secara nasional
ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih
menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan
materi;
- mengakomodasikan
keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
- memberiklan
kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan
strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian
sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan
manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta
aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan
peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam
menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup
lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode
pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian
seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan.
Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam
mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SMA/MA bertujuan untuk:
- menumbuhkembangkan
akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan,
penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik
tentang Agama Islam sehingga
menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya
kepada Allah SWT;
- mewujudkan
manuasia Indonesia yang taat beragama
dan berakhlak mulia yaitu
manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur,
adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara
personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
- Al-Qur’an
dan Hadits
- Aqidah
- Akhlak
- Fiqih
- Tarikh dan
Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan,
keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan
manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri dan
hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1. Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
|
1.1
Membaca
QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78
1.2 Menyebutkan arti QS Al-Baqarah; 30,
Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
1.3 Menampilkan perilaku sebagai khalifah di
bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30, Al-Mukminun; 12-14,
Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
|
2. Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.
|
2.1 Membaca QS Al An’am; 162-163 dan
Al-Bayyinah; 5.
2.2 Menyebutkan arti QS Al An’am;162-163 dan
Al-Bayyinah; 5.
2.3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam
beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
|
Aqidah
3.
Meningkatkan
keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna
|
3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna.
3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1
Menyebutkan pengertian
perilaku husnuzhan.
4.2
Menyebutkan contoh-contoh
perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
4.3
Membiasakan perilaku
husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Memahami
sumber hokum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.
|
5.1 Menyebutkan pengertian kedudukan dan
fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan dan
fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
5.3 Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
6.
Memahami
keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
|
6.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW
periode Makkah.
6.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi
dakwah Rasullullah SAW periode Makkah
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
7.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang Demokrasi
|
7.1
Membaca
QS Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.2
Menyebutkan
arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.3
Menampilkan
perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS
Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari.
|
Aqidah
8.
Meningkatkan
keimanan kepada Malaikat.
|
8.1
Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada malaikat.
8.2
Menampilkan
contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
8.3
Menampilkan
perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Akhlak
9.
Membiasakan perilaku terpuji.
|
9.1
Menjelaskan
pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan atau
menerima tamu.
9.2
Menampilkan contoh-contoh
adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
9.3
Mempraktikkan adab dalam
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam
kehidupan sehari-hari.
|
10.
Menghindari Perilaku Tercela
|
10.1
Menjelaskan
pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.2
Menyebutkan
contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.3
Menghindari
hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
11. Memahami hukum
Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
|
11.1 Menjelaskan perundang-undangan tentang
pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
11.2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat,
haji dan wakaf.
11.3 Menerapkan ketentuan perundang-undangan
tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
|
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
12.
Memahami
keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.
|
12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW
periode Madinah.
12.2 Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah
SAW periode Madinah.
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
1. Memahami
ayat-ayat Al- Qur’an
tentang kompetisi dalam kebaikan
|
1.1
|
Membaca QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir :
32
|
1.2
|
Menjelaskan arti QS. al Baqarah : 148 dan QS. al
Fatir : 32
|
|
|
1.3
|
Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti
terkandung dalam QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32
|
2. Memahami ayat-ayat al
Qur’an tentang perintah menyantuni kaum Dhu’afa
|
2.1
|
Membaca Qs. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah :
177
|
2.2
|
Menjelaskan arti QS. al Isra : 26-27 dan QS. al
Baqarah : 177
|
|
2.3
|
Menampilkan perilaku menyantuni kaum Dhu’afa
seperti terkandung dalam QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
|
|
Aqidah
|
|
|
3. Meningkatkan
keimanan kepada Rasul rasul Allah
|
3.1
|
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
Rasulrasul Allah
|
3.2
|
Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman
kepada Rasul-rasul Allah
|
|
3.3
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan
kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Akhlaq
|
|
|
4. Membiasakan
berperilaku terpuji
|
4.1
|
Menjelaskan pengertian taubat dan raja’
|
4.2
|
Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja’
|
|
4.3
|
Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’ dalam
kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Fiqih
|
|
|
|
5. Memahami
hukum Islam tentang Mu’amalah
|
5.1
|
Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam
Islam
|
|
5.2
|
Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam
|
||
5.3
|
Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan
sehari-hari
|
||
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
|
|
|
|
6. Memahami
perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800)
|
6.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam pada abad
pertengahan
|
|
6.2
|
Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam
pada abad pertengahan
|
||
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
7. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup
|
7.1
|
Membaca QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
7.2
|
Menjelaskan arti QS. al Rum: 41-42, QS
Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
|
|
7.3
|
Membiasakan
perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. al
Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27
|
Aqidah
|
|
|
8. Meningkatkan
keimanan kepada Kitab-kitab Allah
|
8.1
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab
Allah
|
8.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
|
|
Akhlak
|
|
|
9. Membiasakan
perilaku terpuji
|
9.1
|
Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
|
9.2
|
Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain
|
|
9.3
|
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
10. Menghindari
perilaku tercela
|
10.1
|
Menjelaskan pengertian dosa besar
|
10.2
|
Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
|
|
10.3
|
Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Fiqih
|
|
|
|
11. Memahami
ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
|
11.1
|
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
|
|
11.2
|
Memperagakan tatacara pengurusan jenazah
|
||
|
|
||
12. Memahami
khutbah, tabligh dan dakwah
|
12.1
|
Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh dan dakwah
|
|
12.2
|
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah
|
||
12.3
|
Memperagakan khutbah, tabliqh dan dakwah
|
||
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
|
|
|
|
13. Memahami
perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
|
13.1
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
13.2
Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
1. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang anjuran bertoleransi
|
1.1
|
Membaca QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
1.2
|
Menjelaskan arti QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
|
|
1.3
|
Membiasakan perilaku bertoleransi seperti
terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
2. Memahami ayat-ayat al
Qur’an tentang etos kerja
|
2.1
|
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah :
9-10
|
2.2
|
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al
Jumuah : 9-10
|
|
2.3
|
Membiasakan perilaku beretos kerja seperti
terkandung dalam Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah
: 9-10
|
|
Aqidah
|
|
|
3. Meningkatkan
keimanan kepada Hari Akhir
|
3.1
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
|
3.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
|
|
3.3
|
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
Akhlaq
|
|
|
4. Membiasakan
perilaku terpuji
|
4.1
|
Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
|
4.2
|
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
|
|
4.3
|
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan
sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Fiqih
|
|
|
5. Memahami
Hukum Islam tentang Hukum Keluarga
|
5.1
|
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
|
5.2
|
Menjelaskan hikmah perkawinan
|
|
|
5.3
|
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
|
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
|
|
|
6. Memahami
perkembangan Islam di Indonesia
|
6.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
|
6.2
|
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
|
|
6.3
|
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
7. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang pengembangan IPTEK
|
7.1
|
Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164
|
7.2
|
Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164
|
|
|
7.3
|
Melakukan pengembangan IPTEK seperti
terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164
|
Aqidah
|
|
|
8. Meningkatkan keimanan
kepada Qadha’ dan Qadhar
|
8.1
|
Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada Qadha’ dan Qadar
|
8.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada Qadha’ dan Qadhar
|
|
Akhlaq
|
|
|
9. Membiasakan
perilaku terpuji
|
9.1
|
Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
|
9.2
|
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
|
|
9.3
|
Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan
|
|
10. Menghindari
perilaku tercela
|
10.1
|
Menjelaskan pengertian Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
|
10.2
|
Menjelaskan contoh perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
|
|
10.3
|
Menghindari perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
Fiqih
|
|
|
11. Memahami Hukum Islam
tentang Waris
|
11.1
|
Menjelaskan ketentuan hukum Waris
|
11.2
|
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum Waris
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
|
|
|
|
12. Memahami
perkembangan Islam di dunia
|
12.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
|
|
12.2
|
Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
|
||
12.3
|
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
|
||
E. Arah Pengembangan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi
arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI)
untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh Departemen Agama.