Berikut ini adalah Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)Matematika SMP/MTs yang terdapat dalamKerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs pada Permendikbud Nomor 68 Tahun 2013.
Kompetensi Inti ( KI ) SMP/MTs
Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga. Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Kompetensi Dasar ( KD) Matematika SMP/MTs
Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu matapelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti.
1. Kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
2. Kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
3. Kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
4. Kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
KELAS VII:
Kompetensi Inti ( KI ) SMP/MTs
Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga. Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
KOMPETENSI INTI (KI) SMP/MTs
|
||
KELAS VII
|
KELAS VIII
|
KELAS IX
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang
dianutnya
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang
dianutnya
|
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain
|
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain
|
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
|
Kompetensi Dasar ( KD) Matematika SMP/MTs
Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu matapelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti.
1. Kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
2. Kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
3. Kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
4. Kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Menghargai
dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan
lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti,
bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2. Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika
serta memiliki rasa percaya
pada daya dan kegunaan
matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, santun,
objektif, menghargai
pendapat dan karya
teman dalam interaksi kelompok maupun
aktivitas sehari-hari.
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait
fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi,
dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis,
membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut
pandang/teori
|
3.1. Membandingkan
dan mengurutkan beberapa bilangan bulat
dan pecahan serta menerapkan
operasi hitung bilangan bulat
dan bilangan
pecahan dengan memanfaatkan berbagai
sifat operasi
3.2. Menjelaskan
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen
himpunan, operasi
himpunan dan
menunjukkan
contoh dan
bukan contoh
3.3. Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu
variabel
3.4. Memahami
konsep perbandingan
dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan
hubungan dua besaran
atau lebih
3.5. Memahami
pola dan menggunakannya
untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
3.6. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
dan
menggunakannya
untuk menentukan
keliling dan luas
3.7. Mendeskripsikan
lokasi benda
dalam koordinat Cartesius
3.8. Menaksir
dan menghitung luas
permukaan
bangun datar yang
tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri
3.9. Memahami
konsep transformasi (dilatasi, translasi,
pencerminan, rotasi)
menggunakan objek-objek geometri
3.10. Menemukan
peluang empirik dari data
luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
3.11. Memahami teknik penyajian data dua
variabel menggunakan
tabel, grafik batang, diagram lingkaran,
dan grafik garis
4.1 Menggunakan
pola
dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
4.2 Menggunakan
konsep aljabar
dalam menyelesaikan
masalah aritmatika sosial sederhana
4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan
dengan persamaan dan pertidaksamaan
linier satu variabel
4.4 Menggunakan
konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan
tabel
dan grafik
4.5 Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir
besaran yang
tidak diketahui
menggunakan
grafik
4.6 Menerapkan
prinsip-prinsip transformasi (dilatasi,
translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
4.7 Menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan
sifat-sifat persegi panjang, persegi,
trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan
data
hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
4.9 Melakukan
percobaan untuk menemukan peluang empirik dari
masalah nyata
serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik
|
Kelas VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan
lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti,
bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya
pada daya dan kegunaan
matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, santun,
objektif, menghargai
pendapat dan karya
teman dalam interaksi kelompok maupun
aktivitas sehari-hari.
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis,
membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut
pandang/teori
|
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan
rasional
3.2 Menentukan
nilai variabel
persamaan linear
dua variabel dalam konteks nyata
3.3 Menentukan
nilai persamaan kuadrat
dengan satu variabel yang tidak diketahui
3.4 Menentukan persamaan garis
lurus dan grafiknya
3.5 Menyajikan fungsi
dalam berbagai
bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
3.6 Mengidentifikasi unsur, keliling,
dan luas dari lingkaran
3.7 Menentukan
hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas
juring
3.8 Memahami Teorema Pythagoras melalui
alat peraga dan
penyelidikan
berbagai pola bilangan
3.9 Menentukan
luas permukaan dan
volume kubus, balok, prisma, dan limas
3.10 Menggunakan koordinat Cartesius dalam menjelaskan posisi
relatif benda terhadap acuan tertentu
3.11 Menaksir dan
menghitung luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak beraturan
dengan menerapkan
geometri
dasarnya
3.12 Memahami konsep perbandingan
dengan menggunakan tabel,
grafik, dan persamaan
3.13 Menemukan peluang empirik dan teoritik dari
data luaran (output) yang mungkin
diperoleh berdasarkan sekelompok data
nyata
3.14 Memahami teknik penyajian data dua
variabel menggunakan
tabel, grafik batang, diagram lingkaran,
dan grafik garis dengan
komputer serta menganalisis hubungan antar variabel
4.1 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan
dengan persamaan linear
dua
variabel
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.3 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaika masalah nyata
4.4 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika
4.5 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
4.6 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan
hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.7 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel
4.8 Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang teoritik
|
Kelas IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menghargaidan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan
lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti,
bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya
pada daya dan kegunaan
matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, menghargai
pendapat dan karya
teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis,
membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
3.1 Memahami
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu
permasalahan
3.2 Memahami
operasi
aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi
kuadrat ditinjau
dari koefisien dan determinannya
3.4 Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan
tabel, grafik,
dan
persamaan
3.5 Menentukan
orientasi
dan
lokasi benda dalam koordinat
kartesius serta menentukan posisi
relatif terhadap acuan tertentu
3.6 Memahami
konsep kesebangunan
dan kekongruenan
geometri melalui pengamatan
3.7 Menentukan luas
selimut dan volume tabung,
kerucut, dan
bola
3.8 Menaksir
dan mengitung luas
permukaan bangun datar
dan bangun ruang yang tidak beraturan
dengan menerapkan
kombinasi
geometri dasarnya
3.9 Menentukan
peluang suatu kejadian sederhana
secara
empirik dan
teoritik
3.10 Menerapkan pola dan generalisasi
untuk membuat
prediksi
3.11
Menentukan nilai
rata-rata, median,
dan modus dari berbagai
jenis data
3.12 Memilih teknik penyajian data dua
variabel dan
mengevaluasi keefektifannya, serta menentukan
hubungan antar variabel
berdasarkan data untuk mengambil
kesimpulan
3.13 Memahami konsep
ruang sampel
suatu percobaan
3.14 Memilih strategi
dan
aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan
suatu permasalahan
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear
dua variabel, dan
atau fungsi kuadrat
4.2 Menggunakan konsep
perbandingan untuk
menyelesaikan
masalah nyata mencakup
perbandingan bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.3 Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir
besaran yang
tidak diketahui
menggunakan
berbagai modifikasi aljabar
dan aritmatika
4.4 Mengenal pola
bilangan, barisan, deret, dan semacam,
dan
memperumumnya; menggunakan
untuk menyelesaikan masalah nyata
serta menemukan masalah baru
4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil
pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan
4.6 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan
menampilkan
data hasil pengamatan dalam bentuk tabel
dan berbagai grafik serta mengidentifikasi
hubungan antar variabel
serta mengambil kesimpulan
4.7 Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk
menyelesaikan
masalah nyata
4.8 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari
berbagai permasalahan nyata
|
Sumber:
TIM. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs : Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaandan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.