Ruang lingkup materimatematika mencakup pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang dirumuskan dalam kompetensi dasar matematika SMP/MTs yang harus dimiliki peserta didik.
Kompetensi dasar matematika di SMP/MTs merupakan kelanjutan dari kompetensi dasar matematika yang dipelajari peserta didik di SD/MI. Selain itu metematika di SMP/MTs juga merupakan prasyarat untuk belajar matematika lebih lanjut di SMA/MA dan SMK/MAK serta berguna dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Muatan Matematika pada SMP/MTs/SMPLB/PAKET B yang dimuat dalam Standar Isi pada
Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013adalah sebagai berikut.
|
Tingkat
Kompetensi
|
Tingkat
Kelas
|
Kompetensi
|
Ruang Lingkup
Materi
|
|
|
|
4
|
VII-VIII
|
- Menunjukkan
sikap logis,
kritis,
analitis,
cermat
dan teliti, bertanggungjawab, responsif, dn tidak
mudah menyerah dalam memecahkan masalah
- Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan
pada matematika
- Memiliki
rasa
percaya
pada
daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
- Memiliki sikap terbuka,
santun, objektif dalam interaksi
kelompok maupun
aktivitas sehari-hari
- Memiliki
kemampuan mengkomunikasikan gagasan
matematika dengan jelas
- Mengidentifikasi pola
dan menggunakannya
untuk menduga perumuman/aturan umum dan
memberikan prediksi
- Memahami konsep
bilangan rasional dilengkapi
operasi dan urutan
- Mengenal bentuk
aljabar sederhana (linear, kuadrat)
- Memanfaatkan interpretasi
geometri, fungsi kuadrat
dalam menyelesaikan
persamaan
- Memahami
konsep himpunan dan
operasinya serta
fungsi dan menyajikan (diagram,
tabel,
grafik)
- Memahami
bangun datar berdasarkan
sifat-sifat atau fitur-fitur
(banyak sisi, keteraturan, ukuran), dan transformasi yang menghubungkannya
- Memberi estimasi penyelesaian
masalah dan membandingkannya
dengan hasil perhitungan
- Menjelaskan dan memvisualisasikan pecahan yang
ekuivalen
- Membandingkan, memberi interpretasi
berbagai metoda penyajian data
- Memahami
konsep peluang empirik
- Menggunakan simbol
dalam pemodelan, mengidentifikasi informasi, menggunakan
strategi lain
bila tidak berhasil
|
- Bilangan
Rasional
- Aljabar
(pengenalan)
- Geometri (termasuk
transformasi)
- Statistika dan peluang
- Himpunan
|
|
Tingkat
Kompetensi
|
Tingkat
Kelas
|
Kompetensi
|
Ruang Lingkup
Materi
|
4a
|
IX
|
- Menunjukkan sikap logis,
kritis, analitis,
cermat dan teliti, bertanggungjawab, responsif, dn tidak mudah menyerah dalam memecahkan
masalah
- Memiliki
rasa ingin tahu,
percaya diri, dan ketertarikan
pada matematika
- Memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar
- Memiliki sikap
terbuka, santun,
objektif
dalam interaksi
kelompok maupun
aktivitas sehari-hari
- Memiliki
kemampuan mengkomunikasikan gagasan matematika dengan jelas
- Mengidentifikasi kecenderungan
dan menyajikannya
dalam aturan
bilangan (barisan
dan deret) atau relasi
lainnya
- Memahami
operasi
pangkat, akar, bilangan
dan kaitannya dengan konsep aturan
- Mengenal
berbagai manipulasi/transformasi
aljabar (mengkuadratkan dan memfaktorkan) dan menggunakannya
dalam penyelesaian
masalah seperti
persamaan dan pertidaksamaan
- Menggunakan konsep diskriminan dalam
mengidentifikasi eksistensi solusi
dan interpretasi geometrisnya
- Mengelompokkan
bangun datar menurut kesebangunan
dan/atau kekongruenan
- Memberi estimasi dengan menggunakan
perhitungan mental dan
sifat-sifat aljabar
- Visualisasi
dan deskripsi proporsi persentase, rasio dan
laju
- Membandingkan,
memberi interpretasi berbagai metoda penyajian termasuk penyajian data yang disertai statistik deskriptif
- Memahami
konsep peluang empirik dan teoritik
- Menggunakan simbol
dalam pemodelan, mengiden-
tifikasi informasi, memilih
strategi yang paling efektif
|
- Aljabar
- Geometri
(termasuk bangun tidak beraturan)
- Statistika danPeluang
(termasuk metode
statistik sederhana)
|
*Tingkat Kompetensi merupakan kriteria capaian Kompetensi yang bersifat generik yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas dalam rangka pencapaian Standar Kompetensi Lulusan.