Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Standar Isi Matematika SMP/MTs

Sabtu, 23 April 2016 | 13:53 WIB Last Updated 2016-04-23T06:53:09Z
Ruang lingkup materimatematika mencakup pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang dirumuskan dalam kompetensi dasar matematika SMP/MTs yang harus dimiliki peserta didik.

Kompetensi dasar matematika di SMP/MTs merupakan kelanjutan dari kompetensi dasar matematika yang dipelajari peserta didik di SD/MI. Selain itu metematika di SMP/MTs juga merupakan prasyarat untuk belajar matematika lebih lanjut di SMA/MA dan SMK/MAK serta berguna dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Muatan Matematika pada SMP/MTs/SMPLB/PAKET B yang dimuat dalam Standar Isi pada

Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013adalah sebagai berikut.


Tingkat
Kompetensi
Tingkat
Kelas
Kompetensi
Ruang Lingkup
Materi


4
VII-VIII
- Menunjukkan  sikap  logis,  kritis,  analitis,  cermat  dan teliti, bertanggungjawab, responsif, dn tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah

- Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika

- Memiliki   rasa   percay pad daya   dan   kegunaan matematika,  yang  terbentuk  melalui  pengalaman belajar

- Memiliki sikap terbuka, santun, objektif dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari

- Memiliki   kemampuan   mengkomunikasikan   gagasan matematika dengan jelas

- Mengidentifikasi pola dan menggunakannya untuk menduga perumuman/aturan umum dan memberikan prediksi

- Memahami konsep bilangan rasional dilengkapi operasi dan urutan

- Mengenal bentuk aljabar sederhana (linear, kuadrat)

- Memanfaatkan interpretasi geometri, fungsi kuadrat dalam menyelesaikan persamaan

- Memahami konsep himpunan dan operasinya serta fungsi dan menyajikan (diagram, tabel, grafik)

- Memahami bangun datar berdasarkan sifat-sifat atau fitur-fitur (banyak sisi, keteraturan, ukuran), dan transformasi yang menghubungkannya

- Memberi estimasi penyelesaian masalah dan membandingkannya dengan hasil perhitungan

- Menjelaskan dan memvisualisasikan pecahan yang ekuivalen

- Membandingkan, memberi interpretasi berbagai metoda penyajian data

- Memahami konsep peluang empirik

- Menggunakan simbol dalam pemodelan, mengidentifikasi informasi, menggunakan strategi lain bila tidak berhasil
- Bilangan
Rasional
- Aljabar
(pengenalan)
- Geometri (termasuk transformasi)
- Statistika dan peluang
- Himpunan



























































 

Tingkat
Kompetensi
Tingkat
Kelas
Kompetensi
Ruang Lingkup
Materi
4a
IX
- Menunjukkan sikap logis, kritis, analitis, cermat dan teliti, bertanggungjawab, responsif, dn tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah

- Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika

- Memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar

- Memiliki sikap terbuka, santun, objektif dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari

- Memiliki kemampuan mengkomunikasikan gagasan matematika dengan jelas

- Mengidentifikasi kecenderungan dan menyajikannya dalam aturan bilangan (barisan dan deret) atau relasi lainnya

- Memahami operasi pangkat, akar, bilangan dan kaitannya dengan konsep aturan

- Mengenal berbagai manipulasi/transformasi aljabar (mengkuadratkan dan memfaktorkan) dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah seperti persamaan dan pertidaksamaan

- Menggunakan konsep diskriminan dalam mengidentifikasi eksistensi solusi dan interpretasi geometrisnya

- Mengelompokkan bangun datar menurut kesebangunan dan/atau kekongruenan

- Memberi estimasi dengan menggunakan perhitungan mental dan sifat-sifat aljabar

- Visualisasi dan deskripsi proporsi persentase, rasio dan laju

- Membandingkan, memberi interpretasi berbagai metoda penyajian termasuk penyajian data yang disertai statistik deskriptif

- Memahami konsep peluang empirik dan teoritik

- Menggunakan simbol dalam pemodelan, mengiden- tifikasi informasi, memilih strategi yang paling efektif
- Aljabar
- Geometri (termasuk bangun tidak beraturan)
- Statistika danPeluang (termasuk metode statistik sederhana)

*Tingkat Kompetensi merupakan kriteria capaian Kompetensi yang bersifat generik yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas dalam rangka pencapaian Standar Kompetensi Lulusan.

×
Artikel Terbaru Update