Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Contoh Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran (RPP) Kelas VII Semester I Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Shalat Wajib Berjama’ah

Selasa, 04 September 2018 | 17:52 WIB Last Updated 2023-03-30T13:36:53Z

Berikut adalah contoh Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran (RPP) Kelas VII  Semester I, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Tema Shalat Wajib Berjama’ah.
Silahkan Bagi yang berminat.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan

:
SMP NEGERI ............................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester
:
VII / 1
Materi Pokok
:
Shalat Wajib Berjama’ah
Alokasi Waktu
:
2 Pertemuan (6 x 40  menit)
A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.8 Menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.
1.8.1 Mentaati norma atau aturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat;
1.8.2 Meyakini keutamaan shalat berjamaah sebagai rahmat bagi ummat-Nya;
2.8 Menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjemaah.
2.8.1 Menampilkan perilaku demokratis dalam kehidupan sehari-hari;
2.8.2 Menyenangi hidup damai dalam kebersamaan;
3.8 Memahami ketentuan shalat berjamaah.
3.8.1 Menjelaskan  pengertian tentang shalat berjamaah;
3.8.2 Menjelaskan keutamaan salat berjama’ah;
3.8.3 Menyebutkan syarat-syarat menjadi imam;
3.8.4 Menjelaskan tata cara masbuq dalam shalat berjamaah;
3.8.5 Merumuskan beberapa nilai dalam shalat
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

berjamaah terkait dengan persatuan ummat;
3.8.6 Merumuskan beberapa nilai dalam shalat berjamaah terkait dengan kepemimpinan dalam masyarakat.
4.8 Mempraktikkan shalat berjamaah.
4.8.1 Memperagakan beberapa adegan atau gerakan tata cara shalat berjamaah;
4.8.2 Melapalkan bacaan shalat dalam praktik shalat berjamaah di sekolah.

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran melalui problem based learning dan role playing dilaksanakan, peserta didik dapat :
1.      Mentaati norma atau aturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat;
2.      Menampilkan perilaku demokratis dalam kehidupan sehari-hari;
3.      Menyenangi hidup damai dalam kebersamaan;
4.      Menjelaskan pengertian salat berjama’ah;
5.      Menjelaskan keutamaan salat berjama’ah;
6.      Merumuskan nilai-nilai shalat berjamaah terkait dengan kepemimpinan dan persatuan dalam masyarakat;
7.      Menunjukkan tata cara salat berrjama’ah;
8.      Mempraktikkan salat berjama’ah dalam kehidupan sehari-hari.
D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Reguler
a.      Pengertian shalat berjamaah
Shalat berjama’ah adalah shalat yang dilaksanakan secara bersama-sama yang dipimpin oleh seorang imam. Ada beberapa persyaratan untuk menjadi seorang imam dalam shalat berjama’ah, diantaranya adalah :
1)     Paling fasih dalam membaca al-Qurtan;
2)     Paling tua usianya; 3) Mukimin.
b.      Keutamaan dan Nilai shalat berjamaah dalam Kehidupan
Berdasarkan hadis Nabi Muhammad saw, keutamaan shalat berjama’ah adalah
27 derajat lebih tinggi dibandingkan dengan shalat sendiri (munfarid). Adapun nilai yang terdapat pada pelaksanaan shalat berjamaah, diantaranya adalah :
1)     Nilai persatuan dan kebersamaan;
2)     Nilai-nilai kepemimpinan dalam masyarakat.
c.      Syarat-Syarat Imam
d.      Tata cara masbuq
e.      Adab shalat berjamaah
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam shalat berjama’ah, diantaranya :
1)     Imam dipilih diantara jama’ah yang memenuhi syarat;
2)     Makmum tidak boleh mendahului gerakan imam dalam shalat berjama’ah;
3)     Shaf disusun berdasarkan aturan yang dicontohkan Nabi saw, laki-laki berada pada shaf paling depan diikuti oleh makmum perempuan;
4)     Jika imam lupa dalam melaksanakan beberapa gerakan atau bacaan shalat, makmum berkewajiban untuk mengingatkan dan memberitahu, jika imamnya laki-laki, makmum dapat mengingatkan imam dengan mengucapkan kalimat subhanallah, sedangkan kalau imamnya perempuan, maka makmum memberitahunya dengan menepukkan tanggannya.
5)     Jika imam batal, maka yang menggantikannya adalah salah seorang jama’ah yang paling dekat dengan imam, karena itu makmum yang berdiri paling dekat dengan imam harus memiliki kemampuan membaca al-Quran dengan fasih.
2.      Materi Pengayaan
Peran dan fungsi manusia di muka bumi
1.      Sebagai hamba Allah segala aktivitas hidup harus dimaknai sebagai ibadah
56. dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
2.      Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, manusia sebagai khalifah harus membekali diri dengan berbagai kompetensi untuk mengelola dan memakmurkan bumi. Allah Swt berfirman :
                       a.   QS Al-Baqarah : 30
                                                 
30. ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."
                      b.    QS Hud : 61
   
61. dan kepada Tsamud (kami utus) saudara mereka shaleh. Shaleh berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya[726], karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya, Sesungguhnya Tuhanku Amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)."
[726] Maksudnya: manusia dijadikan penghuni dunia untuk menguasai dan memakmurkan dunia.
                       c.    QS Al-Baqarah : 247
247. Nabi mereka mengatakan kepada mereka: "Sesungguhnya Allah telah mengangkat Thalut menjadi rajamu." mereka menjawab: "Bagaimana Thalut memerintah Kami, Padahal Kami lebih berhak mengendalikan pemerintahan daripadanya, sedang diapun tidak diberi kekayaan yang cukup banyak?" Nabi (mereka) berkata: "Sesungguhnya Allah telah memilih rajamu dan menganugerahinya ilmu yang Luas dan tubuh yang perkasa." Allah memberikan pemerintahan kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha mengetahui.
3.      Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia harus mentaati berbagai norma dan aturan selama norma dan aturan tersebut tidak bertentangan dengan ketentuan Allah.
Dalam QS An-Nisa : 59 Allah Swt berfirman :
59. Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. kemudian jika kamu berlainan Pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
3.      Materi Pembelajaran Remedial
Materi remedial ditentukan setelah hasil penilaian harian dianalisis, pada materi ini yang diperkirakan akan sulit difahami dan dilaksanakan oleh peserta didik adalah materi yang terkait dengan tata cara pelaksanaan masbuq dan menggali nilai-nilai yang terdapat pada shalat berjamaah.
E.     Metode Pembelajaran
1.         (Problem based learning);
2.          (Role playing).
F.     Media dan Bahan
1.         Media
a.      Bahan tayang shalat berjamaah berbasis aplikasi MS Office Power Point;
b.      Gambar shalat berjamaah
2.         Alat
a.      LCD/ Laptop;
b.      Kertas karton/HVS;
c.      Speaker active.
G.    Sumber Belajar
1.         Al-Quran dan Hadits;
2.         Muhammad Ahsan dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
H.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.         Pertemuan Pertama
a. Pendahuluan
1)       Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)       Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah al-Insyirah yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik;
3)       Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik;
4)       Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan materi shalat berjamaah;
5)       Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai setelah pembelajaran terkait dengan materi shalat berjamaah telah dilaksanakan;
6)       Peserta didik membuat prediksi dengan menuliskan hal-hal yang telah atau ingin diketahui terkait dengan materi shalat berjamaah;
7)       Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok;
8)       Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran dengan mengkombinasikan model pembelajaran berbasis masalah dan role playing.
b. Kegiatan inti 1) Peserta didik mengamati gambar dan membaca teks materi pembelajaran tentang salat berjama’ah;
2)        Peserta didik mengajukan pertanyaan beberapa hal tentang salat berjama’ah
sesuai dengan hasil pengamatannya;
3)        Secara berkelompok, peserta didik diberi lembar kerja berupa rumusan masalah yang dikemas dalam bentuk skenario role playing : a) Masalah pertama
Suasana di sebuah pengajian, seorang ustadzah  sedang mengajar para santrinya, tiba-tiba salah seorang santri bertanya tentang pengertian dan keutamaan shalat berjamaah, Sebelum menjawab pertanyaan santrinya, Sang Guru tersenyum dan memberikan apresiasi terhadap pertanyaan santrinya serta mempersilahkan santri yang lain untuk memberi tanggapan terlebih dahulu. Kemudian ketika terdengar suara adzan, Sang Guru menghentikan kegiatannya dan mengajak para santrinya untuk shalat berjamaah. Shalat berjamaah tersebut diikuti oleh dua orang makmum laki-laki dan sisanya makmum perempuan. Ketika imam dan jamaah lainnya sedang ruku, tiba-tiba datang beberapa orang makmum laki-laki yang datang terlambat, kemudian diantara mereka ada yang masbuq mengikuti imam dan ada pula yang shalat sendiri untuk mengejar ketertinggalan jumlah rakaat.
(1)   Carilah pokok masalah dalam cerita tersebut dan rumuskan alternatif pemecahan masalahnya!
(2)   Rumuskan jawaban yang akan diberikan ibu ustadzah dalam menaggapi pertanyaan santrinya!
(3)   Sempurnakan penggalan cerita tersebut menjadi sebuah skenario role playing kemudian berbagi peran dalam kelompok kalian sesuai dengan skenario tersebut! (penugasan)
b)     Masalah kedua
Suasana di sebuah pengajian, seorang ustadz  sedang mengajar para santrinya, tiba-tiba salah seorang santri bertanya tentang syarat menjadi imam dan cara memberitahu jika imam lupa, Pak Ustadz pun menjawab pertanyaan santrinya dengan penuh perhatian. Setelah itu terdengar suara adzan, Pak Ustadz menghentikan kegiatannya dan mengajak para santrinya untuk shalat berjamaah. Shalat berjamaah tersebut diikuti oleh beberapa orang makmum laki-laki dan perempuan. Ketika rakaat terakhir setelah sujud, semestinya ditutup dengan tasyahud akhir, tetapi imam lupa, dia langsung berdiri, sehingga makmum yang kurang faham denagan tata cara shalat berjamaah menjadi sedikit berisik.
(1)   Carilah pokok masalah dalam cerita tersebut dan rumuskan alternatif pemecahan masalahnya!
(2)   Buatlah rumusan jawaban yang akan diberikan oleh Pak Guru dalam menaggapi pertanyaan santrinya!
(3)   Sempurnakan penggalan cerita tersebut menjadi sebuah skenario role playing kemudian berbagi peran dalam kelompok kalian sesuai dengan scenario tersebut! (penugasan)
c)      Masalah ketiga
Suasana di sebuah mesjid, seorang imam yang sedang memimpin salat berjamaah tiba-tiba keluar meninggalkan jamaahnya, kemudian salah seorang jamaah yang di belakangnya maju ke depan menggantikan posisi imam untuk melanjutkan salat berjamaah. Setelah selesai salat, imam dan jamaahnya tidak beranjak dari tempat duduknya masingmasing. Salah seorang jamaah bertanya kepada imam terkait dengan kejadian yang baru dialaminya. Sang Imam yang kebetulan seorang ustadz pun memberikan penjelasan terkait hal tersebut dan menekankan pentingnya pengaturan shaf yang benar dalam salat berjamaah.
(1)   Carilah pokok masalah dalam cerita tersebut dan jelaskan alternative jawaban pemecahan masahnya!
(2)   Buatlah rumusan jawaban yang akan disampaikan Pak Ustadz dalam menanggapi pertanyaan jamaahnya!
(3)   Sempurnakan penggalan cerita tersebut menjadi sebuah skenario role playing kemudian berbagi peran dalam kelompok kalian sesuai dengan scenario tersebut! (penugasan)
d)     Masalah keempat
Suasana di sebuah mesjid, seorang imam yang sedang memimpin salat berjamaah salah dalam membaca ayat al-Quran, kemudian salah seorang jamaah yang di belakangnya memberitahu dan meluruskan bacaan imam. Setelah selesai salat, salah seorang jamaah bertanya kepada imam terkait dengan kejadian yang baru dialaminya. Sang Imam yang kebetulan seorang ustadz pun memberikan penjelasan terkait hal tersebut dan menekankan pentingnya seorang imam dan jamaah di belakangnya fasih dalam membaca al-Quran.
(1)   Carilah pokok masalah dalam cerita tersebut dan jelaskan alternative jawaban pemecahan masahnya!
(2)   Buatlah rumusan jawaban yang akan disampaikan Pak Ustadz dalam menanggapi pertanyaan jamaahnya!
(3)   Sempurnakan penggalan cerita tersebut menjadi sebuah skenario role playing kemudian berbagi peran dalam kelompok kalian sesuai dengan scenario tersebut! (penugasan)
4)        Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan informasi dari beberapa sumber belajar yang ada tentang salat berjama’ah;
5)        Peserta didik secara berkelompok merumuskan beberapa alternative pemecahan masalah sesuai dengan teks masalah masing-masing kelompok;
6)        Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya;
7)        Guru memberi penguatan terhadap proses pembelajaran denagn materi shalat berjamaah;
8)        Peserta didik merevisi atau menyempurnakan pemahaman mereka terkait dengan materi shalat berjamaah.
c. Penutup
a.     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran;
b.    Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan;
c.     Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”;
d.    Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya;
e.     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya;
f.      Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan
1)       Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)       Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah dan ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik;
3)       Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik;
4)       Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan materi pembelajaran;
5)       Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
6)       Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok;
7)       Menyampaikan tahapan            kegiatan           yang     akan     dilaksanakan    dalam pembelajaran.
b.       Kegiatan inti
1)     Peserta didik berbagi peran dalam kelompoknya masing-masing dan berlatih mematangkan peran untuk memeragakan tata cara pelaksanaan shalat berjamaah sesuai skenario yang telah disusun;
2)     Setiap kelompok bermain peran sesuai skenario untuk memeragakan tata cara pelaksanaan salat berjamaah;
3)     Peserta didik memperhatikan dan memberikan tanggapan terhadap peragaan tata cara salat berjamaah setiap kelompok.
c.       Penutup
a.     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran;
b.    Guru bersama-sama para peserta didik   melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan;
c.     Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”;
d.    Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya;
e.     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya;
f.      Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
I.    Penilaian
1.   Sikap spiritual
a.     Teknik Penilaian    : observasi
b.    Bentuk Instrumen  : Jurnal
c.     Instrumen  :

No.

Hari/




Nama

Deskripsi Kejadian

Butir Sikap
Tanggal





1




2




3




dst




2.   Sikap sosial
a.     Teknik Penilaian    : Obsrvasi
b.    Bentuk Instrumen  : Jurnal
c.     Instrumen


No.

Hari/






Nama

Deskripsi Kejadian

Butir Sikap


Tanggal









1





2




3




dst





3.   Pengetahuan
a.     Teknik Penilaian    : Tes Lisan
b.    Bentuk Instrumen  : Soal
c.     Kisi-kisi     :
No.


Indikator

Butir Instrumen
1.
3.8.1
Menjelaskan pengertian tentang shalat berjamaah
Jelaskan pengertian salat berjama’ah!
2.
3.8.2
Menjelaskan keutamaan salat berjama’ah;
Jelaskan keutamaan slat berjama’ah dibandingkan dengan salat munfarid!
3.
3.8.3
Menyebutkan
sysrat-syarat menjadi imam dala shalat berjamaah.
Sebutkan syarat-syarat menjadi imam dalam shalat berjama’ah menurut syari’at
Islam?
4.
3.8.4
Menjelaskan tata cara masbuq dalam shalat berjamaah
Jelaskan tata cara masbuq dalam shalat berjamaah!
5.
3.8.5
Menyimpulkan nilai shalat berjamaah terkait dengan persatuan ummat.
Tuliskan beberapa nilai persatuan dan kebersamaan ummat Islam yang tercermin dari pelaksanaan shalat berjamaah!
6.
3.8.6
Menyimpulkan nilai shalat berjamaah terkait dengan kepemimpinan dalam masyarakat.
Tuliskan beberapa nilai kepemimpinan dalam masyarakat yang tercermin dari pelaksanaan shalat berjamaah!
4.   Keterampilan
a.     Teknik Penilaian    : Projek
b.    Bentuk Instrumen  : Format penilaian projek
c.     Kisi-kisi:

No




Skor

Aspek


Deskripsi
(1-4)





1.
Perencanaan
a) Penyusunan scenario
1.
Pengembangan skenario role playing tidak matang



2.
Pengembangan skenario role playing kurang matang



3.
Pengembangan skenario role




No



Skor


Aspek

Deskripsi

(1-4)







b) Pembagian peran
playing cukup  matang
4. Pengembangan skenario role playing sangat matang
1.      Pembagian peran tidak sesuai
2.      Pembagian peran kurang sesuai
3.      Pembagian peran cukup sesuai
4.      Pembagian peran sangat sesuai


2.
Pelaksanaan
a)      Pemeranan
b)      Bacaan ayat al-Quran
c)      Ketepatan gerakan salat
d)      Pengaturan shaf
e)      Ketertiban dalam salat berjamaah
a)
1.      Pemerananan tidak sesuai skenario
2.      Pemerananan kurang sesuai skenario
3.      Pemerananan cukup sesuai skenario
4.      Pemerananan sangat sesuai skenario
1.       Tidak fasih
2.       Kurang fasih
3.       Fasih
4.       Sangat fasih
1.      Tidak tepat
2.      Kurang tepat
3.      Tepat
4.      Sangat tepat
1.      Tidak sesuai
2.      Kurang sesuai
3.      Sesuai
4.      Sangat sesuai
1.      Tidak tertib
2.      Kurang tertib
3.      Tertib
4.      Sangat tertib



Laporan Projek
a)      Performan
b)     Penguasaan
1.    Laporan tidak lengkap
2.    Laporan kurang lengkap
3.    Laporan cukup  lengkap
4.    Laporan sangat  lengkap
1.    Tidak menguasai kegiatan
2.    Kurang menguasai kegiatan


No



Skor


Aspek

Deskripsi

(1-4)








3.   Cukup menguasai kegiatan
4.   Sangat menguasai kegiatan



Mengetahui


Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,
PAI dan Budi Pekerti


×
Artikel Terbaru Update