Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Inovasi Lokal Wisdom: Pembasmi Hama Petani Desa Ambawang

Rabu, 06 Maret 2019 | 14:12 WIB Last Updated 2019-03-06T07:12:16Z

Pate’ Anta’ Pembasmi Hama Petani Desa Ambawang

: Foto Pate’ Anta’ alat tradisional pembasmi hama masyarakat Desa Ambawang
Pembasmi hama hingga saat ini banyak yang menggunakan metode modern. Padahal alam telah menyediakan segalanya seperti yang dilakukan oleh petani masyarakat Desa Ambawang, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya. Petani masyarakat Desa ini menggunakan bambu sebagai alternatif pembasmi hama dengan nama Pate’ Anta’. Menurut Wartoyo (57), Pate’ Anta’ digunakan sebagai jalan keluar dari ekosistem yang mulai kacau.
“Ular banyak mati pada daerah ini, jadi memang harus ada inovasi untuk membasmi hama yaitu menggunakan bambu dalam membunuh tikus”. Katanya saat diwawancarai di ruang tamunya (13/10).
Wartoyo menambahkan cara ini dinilai efektif dan berhasil membasmi hama yang ada di desanya. Bahkan, lanjutnya lagi alat ini telah mendapatkan apresiasi sebagai alat tradisional terbaik III se-Kabupaten Kubu Raya untuk kategori pembasmi hama. 
“Banyak tikus yang mati karena alat ini, sangat efektif alat ini fungsinya bagi areal pertanian kita. Bahkan Pate Anta’ ini sudah memenangi juara III alat tradisonal pembasmi hama se-Kabupaten Kubu Raya”. Tambahnya.

×
Artikel Terbaru Update