Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kulat Putih Sebagai Tumbuhan Konsumsi dan Alternatif Pengobatan Tradisional Penyakit Ulu Hati (Maag)

Rabu, 06 Maret 2019 | 14:46 WIB Last Updated 2019-03-06T07:46:00Z
Kebanyakan orang merasa sakit di ulu hati tepat setelah makan banyak. Kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh refluks asam lambung. Jika benar disebabkan oleh kenaikan cairan asam lambung, nyeri ulu hati juga disertai oleh sering sendawa, perut kembung, atau mual. Namun demikian, nyeri di bagian ulu hati bisa juga menandakan masalah kesehatan lain yang lebih serius dan tidak boleh disepelekan 


Salah satu tumbuhan yang bermanfaat sebagai obat penyakit Ulu hati atau maag adalah Kulat Putih. Kulat merupakan nama lain dari jamur. Jenis tumbuhan ini tidak berdaun dan tidak berbuah. 

Kulat yang berkembang biak dengan spora ini dapat ditemui pada Desa Ambawang, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya. Pada Desa ini ternyata tumbuhan ini dapat dikonsumsi dan dijadikan sebagai alternatif pengobatan ngilu pada ulu hati. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Adat Desa Ambawang pak Syahril (61), di sela-sela kesibukannya berladang.
 “Kriteria kulat yang bisa dimakan, biasanya yang banyak dikerumuni oleh binatang kecil. Kalau kulat putih ini bisa dimakan. Biasanya juga digunakan sebagai pengobatan ulu hati”. Katanya (13/10).
×
Artikel Terbaru Update