Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar diterima

Sabtu, 13 Maret 2021 | 20:43 WIB Last Updated 2023-03-30T13:34:54Z


Ketika Anda sedang mencari pekerjaan, tentu saja yang perlu buat ketika melamar kerja adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan poin penting yang menentukan apakah Anda diterima kerja pada tempat yang Anda lamar atau tidak. Anda tentu harus mendukung diri Anda secara benar tanpa perlu mengada-ada yang tentu saja menjadi nilai tambah perusahaan yang akan menerima kerja.




Anda tentu harus menulis surat lamaran kerja dengan baik agar diterima di perusahaan yang Anda inginkan lebih besar. Hal ini karena begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai. Sehingga untuk memasuki persaingan perusahaan yang Anda inginkan, Anda bisa menjadi susah karena persaingan yang ketat.




Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Biasanya cara menulis surat lamaran kerja untuk diajukan kemanapun sama saja isinya. Baik cara membuat surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja di bank, atau cara membuat surat lamaran Pekerjaan di perusahaan




Berikut ini langkah-langkah membuat surat lamaran kerja. Tuliskan poin-poin berikut secara berurutan.




1. Tempat dan tanggal surat.

2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.

3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.

4. Salam pembuka

5. Kata pengantar / pembukaan

Saat kalimat kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman Anda.




Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak karyawan baru.




6. Biodata pribadi

Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib)




Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, latar belakang belakang pendidikan Anda.




7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda

Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.




8.Tulislah bahwa Anda mempunyai keinginan besar agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa terima kasih.




9. Lampiran surat lamaran kerja

Agar perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda, lengkapi juga hal-hal yang dapat menambah nilai Anda. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah:




Pas foto (foto terbaru)

Fotokopi KTP

Daftar riwayat hidup

Fotokopi ijazah terakhir

Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)


10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

Setelah Anda melihat cara membuat surat lamaran Pekerjaan, Anda bisa melihat contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini.




Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa mempelajari dan Anda jadikan referensi.



Nah itu lah tadi pembahasan mengenai cara membuat surat lamaran agar kamu diterima di tempat anda melamar kerja, Semoga bermanfaat. Terima kasih


×
Artikel Terbaru Update